Follow Us

Dewa 19 Punya Banyak Fans Garis Keras, Ahmad Dhani: Ada yang Jadi Pegawaiku 

Hanif Pandu Setiawan - Rabu, 19 Januari 2022 | 19:13
Ahmad Dhani.
Tangkapan layar Hanin Dhiya/YouTube

Ahmad Dhani.

HAI-Online.com – Sebagai salah satu band rock besar di Tanah Air, Dewa 19 udah pasti punya fans garis keras yang nggak sedikit.

Sejak awal kemunculannya pada tahun 90-an, Dewa 19 terbukti masih memiliki banyak pendengar setia sampai sekarang.

Bahkan menurut sang frontman Ahmad Dhani, tiket konser-konser mereka yang bisa dibilang cukup mahal buat seukuran band lokal, hampir selalu ludes terjual.

Militansi Baladewa—sebutan bagi fans Dewa 19—memang udah cukup dikenal di kancah permusikan Indonesia.

Ahmad Dhani menceritakan, pada masa keemasannya, dirinya pun mengamati ada beberapa dari Baladewa yang militan banget.

“Dulu itu tahun 90-an itu identik dengan tur. Ada tuh fans yang ngikutin terus setiap kota ada terus dia. Dia nontonnya paling depan terus, ada dia,” ujar Ahmad Dhani pada Desember tahun lalu, mengutip channel YouTube Hanin Dhiya.

Baca Juga: Ari Lasso Ungkap Lagu Dewa 19 yang Proses Rekamannya Kilat Banget

Musisi, komposer sekaligus produser musik tersebut mengatakan, fans-fans tersebut pun masih setia sampai sekarang. Bahkan beberapa di antaranya ia rekrut sebagai pegawainya sendiri.

“Ada yang sampai sekarang masih kenal, ada. Beberapa lah nggak sampai 20. Yang sekarang jadi pegawaiku juga ada. Dari fans,” jelas Dhani tanpa menjelaskan lebih detail soal siapa dan sebagai apa Baladewa itu bekerja sekarang.

Disinggung soal perubahan zaman yang ia lalui, Ahmad Dhani mengakui bahwa era digital ini dirinya sangat terbantu oleh adanya media sosial. Pasalnya, lewat medsos ini, sebagai musisi dirinya bisa lebih sering berinteraksi dengan para fansnya.

“Ada sosmed, enak. Dulu aku termasuk yang nggak bisa merawat fans karena agak susah. Sekarang dengan adanya IG itu gampang merawat fans,” jelas Dhani.

Hal ini sangat berbeda dengan zaman dulu di mana para personel Dewa 19 masih sering kesulitan untuk ‘merawat fans’ mereka.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest