Follow Us

Rekomendasi 7 Beasiswa Dalam Negeri buat Kalian yang Pengen Kuliah tapi Terkendala Ekonomi

Hanif Pandu Setiawan - Selasa, 18 Januari 2022 | 14:51
Ilustrasi perkuliahan
HAI

Ilustrasi perkuliahan

HAI-Online.com – Faktor ekonomi udah bukan lagi kendala bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Jika kalian cermat, ada banyak beasiswa yang menggratiskan biaya kuliah, bahkan hingga lulus.

Nah, buat kalian yang berencana buat untuk berkuliah pada tahun ajaran mendatang, pada 2022 ini ada beberapa beasiswa yang bisa jadi pertimbangan kalian.

Dari deretan beasiswa tersebut, beberapa beasiswa memberikan biaya pendidikan sebagian (beasiswa parsial), dan sebagian lainnya biaya pendidikan penuh (beasiswa penuh).

Buat referensi, simak nih rekomendasi beasiswa dalam negeri tahun 2022, dilansir dari laman Quipper Campus pada Selasa (18/1/2022).

Baca Juga: Pemerintah Rumania Buka Beasiswa S1-S3 Tahun 2022, Dapat Tunjangan Bulanan

  1. Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah)
Kartu Indonesia Pintar adalah pengganti Beasiswa Bidikmisi yang disediakan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Beasiswa ini diperuntukkan kepada calon mahasiswa yang nggak mampu secara ekonomi tetapi memiliki potensi akademik yang sangat baik dan mendapat rekomendasi dari sekolah.

Beasiswa mencakup biaya kuliah, tunjangan buku, dan uang saku yang diberikan tiap semester. Mahasiswa D3 akan mendapatkan beasiswa selama 6 semester, sedangkan mahasiswa D4 dan S1 mendapatkan beasiswa selama 8 semester.

  1. Beasiswa Unggulan Kemendikbud Ristek
Beasiswa Masyarakat Berprestasi merupakan salah satu dari lima macam beasiswa unggulan yang disediakan oleh Kemendikbud Ristek.

Manfaat yang didapatkan juga kurang lebih sama dengan beasiswa unggulan lainnya yakni biaya kuliah gratis plus uang saku tiap bulan.

Beasiswa ini diberikan bagi masyarakat Indonesia yang memiliki pencapaian prestasi di bidang akademik maupun non-akademik pada level nasional atau internasional.

Source : Quipper Campus

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest