Follow Us

Bukan Queen! Ahmad Dhani Ungkap Panutan Fashion Dewa 19 saat Manggung

Hanif Pandu Setiawan - Jumat, 14 Januari 2022 | 17:25
Dewa 19 Ft. Ari Lasso & Once
Instagram/ @drummergimbal

Dewa 19 Ft. Ari Lasso & Once

HAI-Online.com – Nggak cuma soal musiknya, sebagai salah satu band rock legendaris Tanah Air, penampilan Dewa 19 di atas panggung selalu menjadi sorotan pendengar mereka, termasuk gimana mereka dandan.

Tumbuh di skena musik '90-an, pentolan Dewa 19 Ahmad Dhani mengakui ia dan kawan-kawannya juga banyak terpengaruh oleh tren, yakni grunge—yang kala itu populer banget lewat Nirvana.

Dalam obrolannya bersama Hanin Dhiya lewat channel YouTube-nya, buat urusan fashion manggung, Ahmad Dhani mengatakan Dewa 19 selalu menyesuaikan era di mana mereka berada.

“Kalau itu tergantung masanya. Jadi ada masa di mana itu masa grunge itu melanda," ungkap Dhani saat ditanya soal fashion Dewa 19 dari masa ke masa.

Baca Juga: Beda dengan Zaman Sekarang, Begini Perjuangan Andra Belajar Gitar Sewaktu SMP

Menurutnya pada masa itu, musisi akan dianggap ketinggalan zaman jika berdandan mewah.

“Jadi waktu itu 90-97 itu dandanannya itu lebih yang casual," ujarnya.

Dewa 19 formasi Pandawa Lima
HAI

Dewa 19 formasi Pandawa Lima

Seiring berjalannya waktu dan demam grunge nggak sebesar sebelumnya, Dewa 19 pun mulai mengubah konsep dandanan manggung mereka pada awal 2000-an.

“Lalu mulai berubah tahun 2000 udah nggak ada lagi itu, Dewa 19 mulai bikin konsep sendiri dengan pakai baju kembaran, seragam," jelas Ahmad Dhani.

Secara kebetulan, di momen ini Dewa 19 memang tengah memasuki lembaran baru setelah vokalis utama mereka, Ari Lasso digantikan oleh Once Mekel. Menurutnya, Dewa 19 saat itu banyak terinspirasi oleh gaya berpakaian necis The Beatles.

“Karena kita waktu itu ngambil (inspirasi) Beatles kan. Ada nuansa pembaharuan lah karena pada waktu itu tahun 2000 penyanyinya Once. Dan itu fashion-nya Dewa 19 tuh, pakai jas kembar, pakai baju gothic kembar," beber dia.

Baca Juga: Sebut Salah Satu Alasan Dewa 19 Bubar karena Ditinggal Once, Ahmad Dhani: Kita Sekalian Istirahat Lah

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest