Follow Us

Peneliti Buktikan Ikan Mas Ternyata Bisa "Menyetir Mobil", Kok Bisa?

Hanif Pandu Setiawan - Jumat, 14 Januari 2022 | 16:05
Lewat percobaan
Tangkapan layar Ben-Gurion University/YouTube

Lewat percobaan

HAI-Online.com – Sebuah riset buat mengajari enam ekor ikan mas untuk "menyetir mobil" baru-baru ini dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Ben-Gurion, Beersheba.

Eits, bukan mobil sungguhan, "kendaraan" itu hanyalah berupa kereta robot beroda empat yang bisa berjalan layaknya sebuah mobil, di mana di atasnya terdapat akuarium berkaca transparan.

Dalam riset tersebut, tiap akuarium diisi dengan satu ikan mas dan pergerakan kereta robot tersebut bergantung pada ke arah mana ikan-ikan ini berenang.

Pendeteksian gerakan ikan sendiri dipantau menggunakan kamera, komputer, serta sensor LiDAR yang diposisikan di bagian atas akuarium.

Kemudian, berbagai komponen ini nantinya bakal memproses pergerakan ikan, dan mengirimkannya ke sistem roda kereta robot yang menopang akuarium tadi.

Hal ini dilakukan supaya kereta robot tersebut bisa berjalan sesuai dengan arah berenang ikan. Jadi, saat ikan berenang ke bagian sisi depan kaca akuarium, misalnya, maka kereta robot juga bakal melaju ke depan.

Baca Juga: Inilah Penampakan Fosil Hewan Purba yang Dijuluki Naga Laut'di Inggris

Riset ini dilakukan para peneliti untuk mengetahui apakah ikan memiliki kemampuan navigasi di lingkungan lain, dalam hal ini darat, atau nggak.

Untuk mengetahui hal tersebut, para peneliti melatih para ikan mas sedemikian rupa, serta menetapkan sebuah target berupa garis vertikal berwarna merah muda di bagian ujung ruangan.

Garis berwarna ini dipakai sebagai garis finis yang harus dicapai ikan-ikan tersebut, dan di sana terdapat makanan ikan sebagai hadiah apabila mereka berhasil mencapai target.

Untuk garis start-nya, mereka diletakkan di suatu titik yang terletak di ujung ruangan, sementara target berwarna merah muda tadi diletakkan di ujung ruangan lainnya.

Awalnya, para peneliti mengaku ikan-ikan tersebut tampak bingung dan hanya berenang seperti biasanya.

Source : NBC News

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest