Inilah Penampakan Fosil Hewan Purba yang Dijuluki Naga Laut'di Inggris

Hanif Pandu Setiawan - Rabu, 12 Januari 2022 | 08:00
Paleontologis Dean Lomax saat berfoto dengan fosil ichtyosaur yang dijuluki sebagai 'Naga Laut'.
Matthew Power Photography/Anglian Water

HAI-Online.com – Sebuah fosil yang diperkirakan berasal dari 90 juta tahun lalu ditemukan di sebuah dasar waduk di Inggris.

Fosil yang dijuluki sebagai 'Naga Laut' tersebut ditemukan pertama kali oleh Joe Davis, seorang pekerja di Cagar Alam Rutland wilayah Leicester, Inggris.

"Aku menelpon dewan kota, lalu aku berkata bahwa sepertinya aku menemukan seekor dinosaurus," ungkap Joe Davis sebagaimana dilaporkan BBC, Senin (10/1/2022).

Menurut laporan tersebut, penemuan tersebut bermula saat Joe Davis tengah bekerja menata lanskap di waduk yang merupakan cagar alam di wilayah tersebut pada Februari 2021 lalu.

Nah di tengah-tengah pekerjaannya, ia kemudian menemukan sesuatu yang menonjol di lumpur. Penemuan fosil ini sendiri diklaim merupakan yang terbesar dari spesies tersebut di Inggris.

"Aku menatap sesuatu yang tampak seperti batu atau karang di lumpur, kemudian aku berkata bahwa benda ini terlihat sedikit organik, sedikit berbeda. Lantas kami melihat sesuatu yang tampak hampir sebuah tulang rahang," jelas Joe Davis.