Follow Us

Inilah Lagu KLa Project yang Menurut Ahmad Dhani ‘New Wave’ Banget pada Masanya

Hanif Pandu Setiawan - Jumat, 07 Januari 2022 | 21:00
Ahmad Dhani saat menerima penghargaan dari KLa Project dalam launching album ‘A Tribute To KLa Project’ pada 2011 lalu.
Agus Apriyanto/ANTARA

Ahmad Dhani saat menerima penghargaan dari KLa Project dalam launching album ‘A Tribute To KLa Project’ pada 2011 lalu.

HAI-Online.com – Ahmad Dhani mengakui bahwa di awal karier bermusiknya, KLa Project menjadi salah satu band yang menginspirasi dirinya. Dhani terang-terangan mengatakan lagu-lagu Dewa 19 banyak mengambil keindahan dari warna musik KLa Project.

“Itu berbeda antara Slank dan KLa. Saya mengambil inspirasi semangat dari Slank, semangat musik rock, dan saya mengambil sofistikasi dan keindahan serta seni daripada KLa,” ujar Ahmad Dhani, mengutip channel YouTube Video Legend.

Leader Dewa 19 tersebut menceritakan, ia pertama kali denger lagu band yang dibentuk Katon Bagaskara, Lilo dan Adi Adrian pada 1988 tersebut kala dirinya baru duduk di kelas 1 SMA.

Menurut Dhani, lagu KLa yang menjadi hits saat itu, ‘Tentang Kita’ udah new wave banget pada masanya.

“Lagunya memang saat itu kekinian banget. Lagu ‘Tentang Kita’ adalah sebuah lagu yang benar-benar modern banget. Waktu itu tahun ‘88 saat Indonesia lagunya mellow-mellow banget, ada lagu new wave,” kenang dia.

Baca Juga: Wawan Juniarso Ceritain Momen Banting Setir dari Drummer Dewa 19 Jadi Manajer Band Top Tanah Air

Kesuksesan lagu tersebut pun lantas membuat Dhani terpacu untuk bisa membawa Dewa 19 sejajar dengan KLa Project.

“Nggak nyangka lagu tentang kita bisa sukses ternyata. Mungkin di Surabaya saat itu nggak seberapa sukses karena waktu itu orang Surabaya agak telat seleranya. Karena lagu itu terlalu new wave untuk Surabaya,” beber Dhani.

Setelah Dhani membentuk Dewa 19, rasa kagumnya kepada KLa semakin besar. Ia mengaku mulai menjadi fans berat mereka setelah dirinya menggarap album pertama dan kedua Dewa 19.

“Saya banyak belajar dari KLa soal gimana cara membuat aransemen yang baik, mengisi backing vocal, memberikan instrumen yang memperkaya aransemen sebuah lagu,” katanya.

Ahmad Dhani sendiri pernah ikut berkolaborasi dengan KLa dalam proyek album 'A Tribute to KLa Project' pada 2011. Saat itu dirinya membawakan salah satu lagu KLa dari album 'Ungu' (1994), 'Terpuruk Ku Disini'.

Baca Juga: Once Sempet Mau Bikin Band bareng Mendiang Aria Baron, Tapi Batal Gara-Gara Ini

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular