Follow Us

6 Prospek Kerja Jurusan Kuliah Pariwisata, Nggak Cuma Jadi Guide Lho!

Dok Grid - Rabu, 06 Maret 2024 | 10:09
Ilustrasi Pemetaan Destinasi Wisata
Wikimedia

Ilustrasi Pemetaan Destinasi Wisata

HAI-Online.com – Kalian punya hobi traveling atau bepergian ke tempat-tempat baru? Nah mungkin pariwisata bisa jadi jurusan yang bisa pilih geluti saat mendaftar kuliah nanti!

Namun sebenarnya kuliah pariwisata itu gunanya apa dan bagaimana prospek kerjanya, sih?

Buat kalian yang memiliki keinginan untuk kuliah pariwisata tapi masih nggak yakin apakah nanti bisa mudah mendapatkan pekerjaan atau nggak, sebaiknya jangan khawatir.

Prospek untuk bekerja di industri pariwisata terbuka sangat lebar. Terutama karena Indonesia sendiri merupakan salah satu negara tujuan pariwisata terbesar di dunia.

Merangkum laman Batam Tourism Polytechnic, setidaknya ada 6 prospek kerja menjanjikan bagi lulusan pariwisata. Yuk kita simak bareng-bareng!

Baca Juga: Inilah 10 Jurusan Bergengsi buat Anak IPS Beserta Prospek Kerjanya

1. Pengelola tempat wisata

Saat ini, ada banyak tempat wisata yang tentu membutuhkan pengelola untuk mengembangkan bisnis. Pengelola tempat wisata sendiri masih terbagi menjadi beberapa bagian lagi.

Beberapa pekerjaan terkait dengan pengelolaan tempat wisata meliputi:

  • Kebersihan lokasi
  • Konsep wisata
  • Tata letak objek wisata
  • Pengelolaan lahan terkait dengan bisnis di sekitar lokasi wisata seperti penginapan, restoran, dll
  • Promosi tempat wisata
  • Penjualan merchandise resmi
  • Layanan pengunjung
  • Event organizer
Nah dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, kalian bisa mengintegrasikan pengelolaan tempat wisata dengan internet. Beberapa hal yang bisa kalian lakukan termasuk mengelola website dan media sosial tempat wisata tersebut.

Nantinya kalian akan bisa mengimplementasikan ide-ide segar untuk mengembangkan tempat wisata yang kalian kelola.

2. Tour guide

Salah satu pekerjaan paling populer berkaitan dengan pariwisata adalah menjadi tour guide. Pekerjaan ini menuntut kalian untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta pengetahuan mendalam mengenai tempat-tempat wisata.

kalian bisa fokus ke satu wilayah saja, atau kalian juga bisa menawarkan jasa tour guide ke seluruh Indonesia atau bahkan luar negeri.

Editor : optimization

Baca Lainnya

Latest