Follow Us

Viral Video WNA Nekat Panjat Pagar Candi Prambanan, Pengelola: Ngerasa Tiketnya Mahal

Ferry Budi Saputra - Kamis, 06 Januari 2022 | 13:00
Video WNA manjat pagar Candi Prambanan
Kompas.com

Video WNA manjat pagar Candi Prambanan

HAI-Online.com - Baru-baru ini viral di media sosial video dua warga negara asing (WNA) asal Rusia nekat meloncati pagar Candi Prambanan supaya bisa masuk gratis.

Video yang viral di medsos itu memperlihatkan dua WNA yang sedang memanjat pagar memasuki komplek Candi Prambanan. Video berdurasi 2 menit 21 detik itu diunggah oleh salah satu akun Facebook.

Baca Juga: Viral Video Cewek Pesan Pizza Bonus Tatakan Besinya, Dicariin yang Jual

"Ono londo ra duwe duit tapi pengen melbu Candi Prambanan, menek brobos, viralke ae yo. Opo seko negoroe ra gowo duit opo piye yo (Ada WNA nggak punya uang tetapi ingin masuk Candi Prambanan dengan loncat pagar. Viralkan saja ya. Apa dari negaranya itu enggak bawa uang)," ujar seseorang dalam video tersebut.

Setelah diunggah, video langsung viral dan banyak dibagikan di media sosial lainnya seperti Twitter dan Instagram.

General Manager PT Taman Wisata Candi Prambanan Jamaludin Mawardi angkat bicara soal peristiwa tersbut. Ia membenarkan adanya WNA yang menerobos pagar Candi Prambanan. Menurutnya, peristiwa itu terjadi pada Minggu (2/1/2022) sekitar pukul 13.00 WIB.

"Sebelum viral itu, sebenarnya sudah ada laporan dari driver kita yang melihat kok ada dua orang WNA gerak-geriknya kok agak aneh, terus dilaporkan," kata Mawardi saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (5/1/2022).

Baca Juga: Viral Cowok Terjepit Kepalanya di Ekskalator Mal Mangga Dua, Ini Kronologinya

Sementara itu, pihak pengelola sudah menemui dua WNA ketika berada di dalam kompleks Candi Prambanan. Setelah dimintai keterangan, kedua WNA tersebut mengaku memang ingin memasuki Candi Prambanan dengan biaya lebih murah.

"Kami tanya tujuannya ke mana, kenapa ke candi kok masuknya lewat situ, terus kita tanya sudah punya tiket apa belum, yang dia punya hanya tiket parkir motor," jelasnya.

"Kemudian kami arahkan ke loket. Dalam penjelasannya, mereka merasa mahal tiketnya, karena ada pembeda harga antara domestik dan wisatawan mancanegara," tambahnya.

Setelah diberi penjelasan dari pihak pengelola, Jamaludin mengatakan keduanya bersedia membeli tiket dan diizinkan memasuki Candi Prambanan.

Menurutnya, kedua WNA tersebut mengaku backpacker dan berasal dari Rusia. Kini ia menyebut permasalahan itu telah selesai. (*?

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 WNA Viral Nekat Loncat Pagar Candi Prambanan, Ini Kata Pengelola"

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest