Follow Us

Ramai Fenomena Seleb Adopsi Spirit Doll, Ini Penjelasan dari Psikiater

Hanif Pandu Setiawan - Selasa, 04 Januari 2022 | 17:35
Ivan Gunawan menjadi salah satu public figure Tanah Air yang mempopulerkan tren spirit doll atau bayi arwah.
Tangkapan layar @ivan_gunawan/Instagram

Ivan Gunawan menjadi salah satu public figure Tanah Air yang mempopulerkan tren spirit doll atau bayi arwah.

HAI-Online.com – Belakangan ini ramai tren seleb Tanah Air mengadopsi spirit doll atau bayi arwah, salah satunya desainer sekaligus presenter Ivan Gunawan.

Bagi sebagian orang, spirit doll dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya. Hal inilah yang kemudian menimbulkan perdebatan di kalangan netizen.

Beberapa dari seleb pun kerap membagikan momen saat 'mengasuh' spirit doll melalui media sosial pribadinya.

Menanggapi fenomena ini, spesialis kedokteran jiwa dari Rumah Sakit EMC Alam Sutera, dr Andri, SpKJ, FAPM mengatakan, spirit doll atau boneka arwah menjadi populer karena banyak publik figur yang memamerkannya di media sosial.

"Sebenarnya fenomena seperti ini, saya nggak tahu kapan mulainya. Karena yang kita tahu spirit doll yang terkenal seperti Chucky atau Annabelle itu bukan sesuatu yang biasa, tapi menyeramkan. Jadi mungkin tidak akan dipelihara atau dirawat oleh manusia," jelas Andri kepada Kompas.com, Minggu (2/1/2022).

Baca Juga: Untuk Perbaiki Ekonomi, Artis Cassandra Angelie Kumpulkan Rp 150 Juta dari Kerja Prostitusi Online

Melalui akun Twitter miliknya, Andri juga berkata bahwa boneka memang sudah sejak lama digunakan sebagai media bagi arwah.

Misalnya, di kebudayaan Tionghoa, patung-patung besar di dalam Klenteng diisi oleh para arwah atau dewa yang dianggap dapat membantu manusia, atau sebaliknya.

Sementara boneka arwah di dalam budaya Indonesia ada jailangkung, jenglot, serta patung-patung lainnya yang disebut memiliki arwah.

"Jadi, cuma beda media saja. Kepercayaan itu tetap ada," ujarnya.

Di sisi lain, seperti yang kita ketahui, boneka sendiri telah lama digunakan anak-anak untuk bermain.

Bedanya, boneka yang saat ini ramai dipelihara dan dirawat orang dewasa diyakini memiliki roh atau arwah, sehingga disebut juga spirit doll.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest