Follow Us

Kucing Oren Sering Dianggap Barbar, Ini Faktanya Menurut Sains

Hanif Pandu Setiawan - Rabu, 05 Januari 2022 | 19:40
Kelakuan kucing oren
lovethecapybara

Kelakuan kucing oren

HAI-Online.com – Lo mungkin udah sering nemu foto atau video kelakuan kucing oren di media sosial yang bikin geleng-geleng kepala karena kelakuannya. Nggak jarang kucing berwarna oranye kerap diidentikkan dengan sifat barbar.

Hal ini pun membuat orang bertanya-tanya apakah warna bulu kucing memengaruhi kepribadian dan kecerdasan hewan tersebut?

Menanggapi pertanyaan ini, kepala petugas medis di San Diego Humane Society, Zara Hedge, menegaskan sains nggak membuktikan teori tersebut.

Baca Juga: Pandemi Bikin Populasi Peliharaan Kucing di Indonesia Meningkat, Ini Solusi Menjaga Kebersihan Hewan dan Kesehatan Pemiliknya

Hedge menjelaskan, mungkin ada beberapa komponen genetik terkait dengan warna bulu yang juga memengaruhi kepribadian dan sifat kucing. Namun, dia mencatat hanya ada sedikit bukti ilmiah yang menunjukkan hal itu terjadi pada kucing domestik.

Di sisi lain, beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara warna bulu pada mamalia lain dan perilaku mereka, contohnya hewan seperti rubah perak.

Namun terlepas dari stereotip yang melekat pada kucing oren yang dianggap pembuat onar, Hedge menuturkan bahwa hasil studi tersebut belum terbukti pada kucing domestik dengan warna bulu kucing yang bervariasi bahkan dalam ras yang sama.

Baca Juga: Ada-Ada Aja, Ini 7 Spot Bersembunyi Kucing Oren yang Dikenal ‘Barbar’

Dia menegaskan, bahwa kucing nggak bertindak dengan cara tertentu karena warna bulunya.

"Meskipun nggak memiliki bukti kuat yang menghubungkan warna bulu dengan kepribadian, orang cenderung membuat keputusan mengenai kucing mana yang akan diadopsi," ujar Hedge dilansir dari CNET, Minggu (2/1/2022).

Sifat kucing oren

Banyak stereotip mengenai kepribadian kucing oranye yang lain daripada kucing lainnya. Menurut Hedge hal ini nggak sepenuhnya benar.

Source : CNET

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest