Follow Us

Inilah 6 Ras Kucing yang Punya Usia Terpanjang, Bisa sampai 20 Tahun!

Dok Grid - Kamis, 15 Februari 2024 | 11:13
Salah satu kucing yang  sering bermain-main di diorama pada restoran milik Naoki Teraoka.
Caferest_bar_Fe/Twitter

Salah satu kucing yang sering bermain-main di diorama pada restoran milik Naoki Teraoka.

HAI-Online.com – Kucing merupakan hewan yang punya rata-rata masa usia nggak lebih dari 15 tahun.

Meski ada, sangat jarang ditemukan kucing yang menyentuh usia hingga 20 tahun lebih. Meski demikian, ada beberapa ras kucing dikenal memiliki umur yang panjang, lho!

Sebenarnya, nggak ada yang menjamin bahwa kucing dapat hidup hingga puluhan tahun. Karena hal itu pun dipengaruhi oleh sifat dan pengasuhan.

Namun, memilih ras kucing dengan rata-rata umur yang lebih panjang dan perawatan yang maksimal dapat meningkatkan peluang kucing untuk hidup lebih lama.

Merangkum laman The Spruce Pets, ada 6 daftar ras kucing yang diketahui punya usia lebih panjang dari ras lainnya. Yuk kita simak!

Baca Juga: Band Punk Remaja The Linda Lindas Bikin Lagu untuk Kucing Gitarisnya: Kucingnya yang Minta

1. Kucing Siam (12-20 tahun)

Kucing yang berasal dari Thailand merupakan ras kucing yang cantik dan telah berhasil memikat banyak orang selama berabad-abad.

Ia dikenal dengan perawakannya yang kurus dan sifat sosialnya. Ras ini nggak memiliki masalah kesehatan yang signifikan. Walau begitu, beberapa kucing Siam rentan terhadap masalah gigi dan pernapasan.

2. Kucing burma (16-18 tahun)

Ras burma
Wikimedia

Ras burma

Kucing Burma adalah kucing hasil persilangan antara kucing coklat kecil dari Burma dengan kucing Siam.

Kucing yang suka bermain ini umumnya dikenal sebagai ras yang sehat, tetapi mereka cenderung mengalami kelainan bentuk tengkorak dan glaukoma.

3. Kucing Savannah (12-20 tahun)

Savannah
Public Domain Pictures

Savannah

Kucing Savannah, sebagian serval Afrika dan sebagian kucing domestik, merupakan salah satu ras kucing yang memiliki usia terpanjang.

Meski belum sepenuhnya dijinakkan, kucing Savannah bisa bersahabat dengan manusia. Kucing Savannah cenderung memiliki temperamen yang nggak terduga, aktif, dan berani.

Source : The Spruce Pets

Editor : optimization

PROMOTED CONTENT

Latest