Follow Us

4 Tips agar Orang Tua Setuju dengan Jurusan Kuliah yang Kita Pilih

Dok Grid - Rabu, 06 Maret 2024 | 09:17
Simak Cerita Jurusan Kuliah Favorit
Hai Online

Simak Cerita Jurusan Kuliah Favorit

HAI-Online.com - Buat lo yang sedang duduk di kelas 3 SMA mesti siap-siap, nih! Bentar lagi semester genap lho. Nggak cuma harus melewati berbagai macam ujian sampai lulus, ada hal lain yang mesti kalian pikirin. Yup, jurusan kuliah! Buat yang udah merasa yakin dengan cita-cita dan jurusan kuliah yang lo mau, nggak jarang malah 'bertabrakan' dengan restu orang tua (duh, kayak jodoh aja restu).

Nah, mumpung libur Natal dan Tahun Baru di depan mata, nggak ada salahnya buat ngomongin hal ini ke orang tua lo. Karena waktu yang lebih senggang, jadi ngomonginnya bisa lebih enak.

Ini dia 4 tips meyakinkan bokap nyokap soal jurusan kuliah. Check this out!

1. Jelaskan secara detail jurusan yang lo pilih

Bisa jadi langkah ini jadi yang terpenting, guys. Pastikan riset sedalam-dalamnya soal jurusan yang lo mau. Jelaskan prospek karir ke depan kayak apa, kumpulin informasi dari alumni yang lo kenal, jelasin ke orang tua pakai Power Point (harus niat!).

Intinya tunjukan kalau jurusan itu adalah yang terbaik buat lo, dan bakalan serius mengejar cita-cita lewat jurusan itu.

2. Beranilah Bertanggungjawab

Bukan anak muda namanya kalau nggak punya rasa tanggung jawab. Hal ini juga berlaku demi meyakinkan orang tua soal jurusan yang lo pilih. Kalian juga harus bertanggungjawab sama jurusan yang udah kalian pilih. Buat kesepakatan dengan bokap nyokap kalau misalnya (amit-amit) harus pindah jurusan, lo biayain kuliah dari dompet sendiri! Kok gitu? Supaya belajar berkomitmen juga, guys.

3. Tunjukkan kalau lo berbakat

Ini jadi langkah yang nggak kalah penting. Lo harus tunjukin kalau emang berbakat di bidang itu. Misalnya pengen kuliah design grafis, tunjukin kalau emang berbakat di bidang itu. Bukan sekadar gaya-gayaan. Bisa mulai ikutan seminar atau pelatihan, sampai ikutan lomba. Siapa tahu bisa juara! Dengan begitu orang tua bakalan yakin dengan pilihan jurusan lo.

4. Bicarakan dengan sopan

Beda pendapat sama orangtua itu hal yang biasa. Penting buat tetap nunjukin respect sama bokap nyokap. Jelaskan kalau zaman sudah berubah. Dunia butuh profesi selain dokter dan insinyur.

Sampaikan riset lo dengan sebaik-baiknya. Waktu ngomongin hal itu, lo juga harus siap nerima pendapat orangtua. Pastiin juga lo bisa ngejawab pertanyaan atau pernyataan mereka. Makanya riset jadi hal yang penting. Riset, riset, dan riset!

Bisa jadi, kesepakatan belum tercapai dalam sekali diskusi. Nah, penting juga buat ngomongin hal kayak gini secara bertahap. Sama kayak perusahaan saham yang harus sering-sering follow up calon investor (halah!), lo juga harus rajin follow up bokap nyokap. Dengan begitu mereka bisa ngelihat keseriusan lo.

Selamat mencoba, yha!

Baca Juga: 4 Tips Biar Lo Nggak Salah Pilih Jurusan Kuliah ala Psikolog UNS!

Editor : optimization

Latest