Follow Us

Lalahuta & Imam Darto Gambarkan Ironi Fragile Masculinity a la Ibu Kota di Single Vakboi

Mohammad Farras Fauzi - Selasa, 28 Desember 2021 | 16:30
Lalahuta
Press Photo

Lalahuta

HAI-Online.com - Lalahuta dan Imam Darto menelurkan single kolaboratif berjudul 'Vakboi' pada 28 Desember 2021.

Bukan hal yang mengherankan kalo kedua entitas ini menghasilkan lagu berdiksi serapan ini. Baik Lalahuta ataupun Imam Darto, merupakan dua "aktor" utama yang banyak menyerap fenomena kehidupan malam di kota Jakarta.

Apa produknya? Tentu saja bentuk ironi yang kerap dibungkus dalam candaan tidak lucu yang sering dilontarkan pada pria terhadap wanita.

Imam Darto
Press Photo

Imam Darto

Kesan fragile masculinity alias maskulinitas rapuh pun menjadi dasar utama yang secara nggak sengaja dituangkan oleh kolaborasi ini melalui single 'Vakboi'.

Yap, lagu berjudul 'Vakboi' sebagaimana diucapkan dalam pelafalan bahasa Indonesia adalah serapan dari istilah bahasa Inggris yang kita kenal dengan sebutan fuck boy.

Baca Juga: Perkara Eye Liner, Ivan Gunawan Didukung Penuh Lawan Toxic Masculinity Om Deddy Corbuzier

Menurut deskripsi Lalahuta dan Imam Darto, "Lagu ini mengambil inspirasi dari kehidupan malam yang kerap terjadi di Jakarta. Menurut kami, kata 'Vakboi' adalah istilah yang marak terdengar di kalangan anak muda sebagai candaan untuk pria dewasa yang sering mencari celah untuk mengganggu wanita," tulis mereka dalam rilis pers.

Lalu mengapa bisa rapuh? Menurut HAI, meski mungkin nggak ada intensi secara sengaja, peran lagu ini semakin mengarfimasi kalo tindakan nggak keren tersebut merupakan sebuah hal yang normal, kecuali jika lagu bernuansa parodi ini adalah bentuk sindiran halus terhadap fenomena terkait.

Sampai artikel ini ditulis, belum diketahui secara pasti apakah single ini memang ditujukan murni hanya untuk bersenang-senang atau bentuk satir cerdas terhadap fenomena tersebut.

Ironi tersebut pun semakin dicetuskan secara gamblang dan jujur melalui lirik yang "lugas dan tidak bertele-tele" di single ini.

Baca Juga: Kenalan sama Frank Fiegel, Sosok Inspirasi Kartun Popeye yang Dikenal Nggak Kenal Takut!

"Sebenarnya tampang biasa saja/tapi kemampuan speak di atas rata rata<walnya hanya ketawa tawa, lama lama tangannya masuk celana," ujar mereka melalui syair di jembatan menuju chorus lagu ini.

Pengen tahu gimana keseluruhan dari lagu terbaru Lalahuta dan Imam Darto? Dengarkan 'Vakboi' di bawah:

Source : Hai Online

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest