Follow Us

Minat Masuk UB? Ikuti Nih Seleksi Mandiri Program Vokasi Pakai Nilai UTBK dan Rapor

Ferry Budi Saputra - Sabtu, 10 Juli 2021 | 11:00
Universitas Brawijaya
Instargam Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya

HAI-Online.com - Ada kabar gembira nih buat kalian yang minat masuk Universitas Brawijaya (UB) Malang. Kampus ini membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru program pendidikan vokasi.

Baca Juga: Ingin Kuliah Jurusan Kehutanan? Ini Peluang Kerja di Era Milenial

Penerimaan mahasiswa baru program pendidikan vokasi ini merupakan seleksi masuk Universitas Brawijaya yang diselenggarakan secara mandiri.

Seleksi dilaksanakan berdasarkan penilaian hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2021 serta prestasi akademik dan non-akademik khusus untuk Penerimaan Program Vokasi (D3 dan D4). Adapun biaya pendaftaran seleksi Mandiri Program Vokasi UB 2021 sebesar Rp 350.000.

Persyaratan

Informasi dari laman Universitas Brawijaya, calon mahasiswa yang tertarik mendaftar program pendidikan vokasi harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

1. Warga Negara Indonesia (WNI). 2. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2019, 2020 dan 2021:

  • Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2019 dan 2020 harus sudah memiliki ijazah.
  • Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2021 yang belum memiliki ijazah maka wajib memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah.
  • Surat Keterangan Lulus sekurang-kurangnya memuat informasi identitas diri dan foto terbaru yang bersangkutan, serta disahkan oleh sekolah (stempel terkena foto).
3. Bagi lulusan Sekolah di Luar Negeri harus memiliki surat penyetaraan ijazah dari Kemendikbud Ristek. 4. Terdaftar sebagai peserta dan mengikuti UTBK 2021. 5. Memiliki NISN yang terdaftar NPSN. 6. Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

Pilihan program studi

Program studi yang ditawarkan terdiri dari 3 kelompok yaitu Kelompok Saintek, Kelompok Soshum dan Campuran.

  • Setiap pendaftar hanya dapat memilih maksimal 2 program studi dari kelompok Saintek, kelompok Soshum atau Campuran dan memenuhi syarat dari masing-masing program D3 atau D4.
  • Peserta dari jurusan SMA/SMK/MA IPA yang mengikuti UTBK kelompok Saintek dapat memilih 2 program studi Saintek pada D3 atau D4.
  • Peserta dari jurusan SMA/SMK/MA IPA yang mengikuti UTBK kelompok Soshum dapat memilih 2 (dua) program studi Soshum pada D3 atau D4.
  • Peserta dari jurusan SMA/SMK/MA IPA yang mengikuti UTBK Campuran dapat memilih 2 program studi 1 pada Saintek dan 1 pada Soshum program D3 atau D4.
  • Peserta dari jurusan SMA/SMK/MA IPS yang mengikuti UTBK Soshum hanya dapat memilih 2 program studi Soshum pada D3 atau D4.
  • Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
Baca Juga: Minat Masuk Jurusan Sastra Indonesia? Cek Nih Peluang Kerjanya

Program studi yang ditawarkan pogram pendidikan vokasi di UB yakni Diploma 3 Administrasi Bisnis, Diploma III Keuangan dan Perbankan, Diploma III Teknologi Informasi. Sarjana Terapan (D4) Desain Grafis, Sarjana Terapan (D4) Manajemen Perhotelan.

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest