Follow Us

Futuristik Banget! Inilah 4 Hewan yang Punya Kulit Transparan

Hanif Pandu Setiawan - Minggu, 12 Desember 2021 | 20:15
Ikan pasifik barreleye.
MBARI

Ikan pasifik barreleye.

HAI-Online.com – Selain menjadi habitat bagi banyak predator, hutan tropis menyimpan kekayaan hayati yang membuat kita takjub, salah satunya hewan berkulit transparan.

Salah hewan yang memiliki kulit tembus pandang adalah katak kaca. Bukan cuma hiasan, kulit transparan unik yang dimilikinya berfungsi sebagai alat pertahanan dari para predator.

Katak kaca, yang menghuni hutan lembap di Amerika Selatan dan Amerika Tengah, mengandalkan bentuk kamuflase yang baru, yakni dengan tubuh hampir atau sepenuhnya 'telanjang'.

Sesuainya namanya, katak kaca punya kulit yang tembus pandang sehingga jantung yang berdetak, pembuluh darah, tulang, dan saluran pencernaannya dapat terlihat. Keren juga, ya!

Namun kulit transparan ternyata nggak cuma dimiliki katak kaca. Tercatat, ada beberapa hewan lain yang juga memiliki tubuh tembus pandang.

Nah, merangkum BBC Science Focus Magazine, ada setidaknya 4 hewan yang memiliki kulit transparan. Yuk kita simak!

Baca Juga: Inilah 6 Hewan dengan Usia Terpendek, Ada yang Cuma Hidup 24 Jam Doang

1. Ikan Pasifik barreleye

Pada tahun 2004, kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV) dikerahkan di laut oleh para peneliti dari Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) merekam beberapa video luar biasa yang menjadi headline di seluruh dunia.

Saat menjelajah di kedalaman 600 m di lepas pantai California, robo-sub menangkap rekaman pertama dari Pacific barreleye atau spookfish (Macropinna microstoma) yang masih hidup. Sebelumnya, ikan laut dalam ini hanya ditemukan nggak bernyawa.

Uniknya, spesimen itu semuanya telah kehilangan 'tudung' transparan menurut ahli biologi kelautan Dr Helen Scales, penulis 'Eye Of The Shoal', disebut sebagai "gelembung bening yang mirip helm astronot".

2. Kenari laut

Source : BBC Science Focus Magazine

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest