Follow Us

6 Hal yang Mesti Diperhatiin sebelum Lo Mutusin buat Lintas Jurusan

Dok Grid - Rabu, 28 Februari 2024 | 10:44
Ilustrasi Kuliah di Amerika
pxhere.com

Ilustrasi Kuliah di Amerika

HAI-Online.com – Adakah di antara kalian yang merasa jurusan kalian di SMA saat ini nggak sesuai dengan minat jurusan impian kalian saat kuliah nanti?

Hal semacam ini kerap terjadi pada mereka yang passion-nya berbeda dari jurusan pilihan mereka saat SMA. Alhasil mereka mesti nyeberang jurusan saat mendaftar perguruan tinggi atau biasa orang sebut dengan lintas jurusan.

Lintas jurusan atau linjur sendiri adalah memilih jurusan pada seleksi masuk PTN jalur SNMPTN, SBMPTN atau jalur mandiri dengan rumpun ilmu yang berbeda saat sekolah di SMA.

Misalnya aja saat SMA kalian kelas IPS/Soshum dan ingin mengambil jurusan di rumpun Saintek di mana syaratnya harus dari IPA untuk kuliah di jurusan tersebut.

Secara sederhana, istilah lintas jurusan atau linjur menggambarkan kondisi ketika seorang siswa memilih jurusan di perguruan tinggi yang berbeda bidangnya dengan jurusan di sekolah.

Lintas jurusan sebenarnya bukan hal yang mustahil dilakukan karena beberapa kampus pun memperbolehkan hal tersebut. Namun ada hal-hal yang mesti kalian perhatikan sebelum memutuskan melakukan lintas jurusan.

Pastinya kalian nggak mau, kan, saat kuliah nanti nyesel karena ilmu yang dipelajari nggak sesuai dengan kemampuan kalian?

So, sebelum memutuskan nyeberang, simak nih 6 hal yang mesti kalian persiapkan, merangkum laman Quipper, Selasa (7/12/2021).

Baca Juga: 7 Tips Milih Jurusan untuk Calon Mahasiswa Biar Nggak Menyesal

1. Yakinkan diri berkali-kali

Pastikan sebelum lintas jurusan, kalian udah yakin dengan pilihan kalian. Jangan asal memilih jurusan karena ikut-ikutan teman ya.

Pikir lagi matang-matang, dengan lintas jurusan berarti ada banyak pelajaran yang nggak kalian dapat waktu SMA, lho. kalian mungkin akan lebih menyesuaikan diri saat lintas jurusan dibanding memilih jurusan yang sejalan sewaktu SMA. Kalau sudah yakin, coba tanya juga sama orang terdekat, misal orangtua dan guru.

2. Dengerin saran dari yang lebih berpengalaman

Setelah bertanya kepada diri sendiri, coba ngobrol dengan orang tua, ceritakan rencanamu untuk mengambil linjur. Agar semakin yakin, kalian juga bisa bertanya kepada guru atau wali muridmu dan mempertimbangkan masukan dari mereka.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest