Follow Us

7 Tips Milih Jurusan untuk Calon Mahasiswa Biar Nggak Menyesal

Hanif Pandu Setiawan - Senin, 06 Desember 2021 | 16:05
Ilustrasi jurusan Mekatronika.
northeastern.edu

Ilustrasi jurusan Mekatronika.

HAI-Online.com – Sebentar lagi pendaftaran mahasiswa baru bakal segera dibuka.

Nah bagi kalian siswa kelas 12 yang berencana melanjutkan ke perguruan tinggi, pastinya udah nentuin jurusan yang bakal kalian pilih, kan?

Memilih jurusan kuliah adalah hal perlu dilakukan dengan pertimbangan matang. Sebab, salah pilih jurusan bisa bikin kalian nggak menikmati proses kuliah, seperti kehilangan minat untuk mempelajari materi kuliah.

Baca Juga: Ketahui Nih Mata Pelajaran yang Diperhitungkan di SNMPTN 2022

Alhasil, nilai jadi nggak maksimal, bahkan mengganggu kelancaran proses skripsi, yang pada akhirnya memengaruhi kelulusan kalian.

Kalau udah merasa salah pilih jurusan, mau mengulang kuliah lagi tentu akan memakan waktu yang lebih lama lagi.

So, memilih jurusan adalah hal penting yang mesti kalian pertimbangin sebelum mendaftar perguruan tinggi. Ada banyak faktor yang bisa kalian jadiin pertimbangan, mulai dari minat, hingga hal yang kalian suka.

Melansir laman Brain Academy, Senin (6/12/2021), ada 7 tips menemukan jurusan kuliah yang tepat buat kalian sebelum mendaftar perguruan tinggi.

Baca Juga: Jadwal SNMPTN 2022 Udah Muncul, Catet Nih Tanggal-Tanggal Pentingnya!

1. Apa yang lo suka?

Pasti banyak dari calon mahasiswa bingung apa yang bisa dipilih dari sekian banyak jurusan. Sebenarnya, potensi yang ada di dalam diri lo dapat diketahui dengan mudah dan bisa menjadi cara memilih jurusan.

Contohnya, apa yang lo lakukan di saat senggang? Memasak, menonton anime, atau menulis? Jika kegiatan ini sering dilakukan dan membuatmu bersemangat, pilih jurusan yang berkaitan dengan aktivitas tadi. Misalnya, jurusan Broadcasting untuk yang hobi menonton dan punya cita-cita membuat film sendiri.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest