Follow Us

Inilah 15 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Dibutuhkan di Masa Depan

Dok Grid - Rabu, 28 Februari 2024 | 10:06
Ilustrasi belajar
ragesoss/Wikimedia

Ilustrasi belajar

HAI-Online.com - Buat kalian yang ingin masuk perguruan tinggi dan belum tau mau milih jurusan apa, nah baiknya simak artikel kali ini karena bakal memberikan kalian referensi tentang jurusan kuliah.

Sebelum memilih jurusan kuliah, kalian harus mengetahui minat dan bakat hingga prospek kerja jurusan yang akan dipilih telebih dulu. Nah, tau nggak sih kalian ada beberapa jurusan yang lulusannya akan selalu dibutuhkan di masa depan.

Melansir Kompas.com, informasi dari laman Ruang Guru, Kamis (20/1/2022), berikut ini ada 15 jurusan yang lulusannya akan selalu dibutuhkan di masa depan.

Baca Juga: Biar Nggak Nyesel, Simak 4 Tips Pilih Jurusan Kuliah ala Ditjen Diktiristek

1. Psikologi

Psikologi masih jadi pilihan favorit bagi pendaftar SNMPTN, SBMPTN, maupun Seleksi Mandiri. Ilmu psikologi diyakini akan selalu dibutuhkan di dunia kerja terkait dengan persoalan manusia.

2. Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat

Lulusan Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat akan sangat dibutuhkan di masa datang. Apalagi mereka memiliki jasa besar menyembuhkan penyakit yang diderita manusia.

3. Keperawatan

Profesi perawat tentunya masih akan dibutuhkan di masa yang akan datang. Profesi ini tentu saja sangat berdampingan erat dengan dunia kesehatan dan profesi dokter.

4. Farmasi

Dunia farmasi dan kesehatan akhir-akhir ini menjadi industri yang sangat penting. Diyakini di masa depan profesi ini masih sangat dibutuhkan karena bukan cuma membuat obat-obatan saja tetapi juga dibutuhkan di industri kosmetik.

5. Matematika

Orang yang bekerja di bidang matematika diperkirakan akan terus meningkat di masa yang akan datang. Profesi dalam dunia matematika tentu sangat dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan baik dalam penelitian hingga pembangunan.

Baca Juga: 15 Negara Favorit Pelajar Indonesia untuk Kuliah di Luar Negeri, No.1 Bukan Amerika!

6. Statistika

Lulusan statistika adalah jurusan yang diperlukan di semua sektor. Jurusan ini mempelajari cara mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis angka menjadi data. Kemampuan lulusan Statiska berkaitan dengan big data.

7. Desain Grafis dan Seni Rupa

Tahun 2021 ini lulusan Desain Grafis maupun DKV semakin dibutuhkan. Kamu bisa bekerja dimana saja. Bahkan tanpa terikat kontrak dengan satu perusahaan alias menjadi freelancer. Sumber pendapatan yang kamu peroleh pun bisa menjadi lebih banyak.

Source : Kompas.com

Editor : optimization

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest