Follow Us

Inilah Arti dari Tulisan 'YKK' yang Sering Kita Lihat pada Resleting

Hanif Pandu Setiawan - Senin, 07 Agustus 2023 | 16:11
resleting ykk
Chris 73 / Wikimedia Commons

resleting ykk

HAI-Online.com – Kalian pasti udah sering banget menjumpai resleting bertuliskan 'YKK', baik pada celana, tas, atau jaket.

Namun apa sih kepanjangan dan arti dari tulisan YKK pada resleting tersebut?

Nah, melansir Insider, YKK merupakan kepanjangan Yoshida Kogyo Kabushikikaisha atau kini lebih dikenal sebagai Yoshida Company Limited di Jepang.

Yoshida Company Limited sendiri merupakan perusahaan yang memproduksi setengah penggunaan resleting di dunia. Perusahaan ini didirikan Tadao Yoshida pada 1934.

Jumlah produksi mereka pun sangat masif, yakni mencapai 7 miliar resleting per tahun.

Meski sangat popluler dan bisa dibilang menguasai pasar global, Yoshida bukanlah penemu awal teknologi resleting.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Celana Cargo Denim Brand Lokal Harga Murah di Bawah 300 Ribu

Orang pertama yang menemukan inovasi resleting adalah seorang berkebangsaan Amerika, Whitcomb L Judson pada tahun 1890-an. Saat itu, resleting dinamakan chain lock fastener.

Perusahaan resleting milik Ludson sendiri masih ada hingga saat ini, yakni Talon Inc. Resleting miliknya dipakai sejumlah merek ternama seperti Brooks Brothers dan Uniqlo.

Yang membedakan, YKK memiliki sistem usaha yang menyeluruh di bidang resleting, mulai dari peleburan logam, produksi, hingga pengemasan.

Hal itu membuat mereka bisa mengontrol semua bagian proses usahanya.

Nggak hanya resleting, YKK juga memroduksi berbagai item yang berkaitan dengan dunia fashion, mulai dari kunci sodok dari bahan plastik, perekat kain, hingga kancing.

Dengan ini, YKK pun dikenal sebagai produsen resleting yang reliable dengan pengiriman produk yang selalu tepat waktu. Nggak heran banyak banget item fashion yang menggunakan resleting YKK ya, guys. (*)

Source : insider

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest