Follow Us

Demotivasi pas Ngerjain Skripsi? Coba 6 Tips Ini biar Semangat Balik Lagi!

Hanif Pandu Setiawan - Kamis, 18 November 2021 | 16:35
Ilustrasi skripsi
PIXABAY/BLICKPIXEL

Ilustrasi skripsi

HAI-Online.com – Pernahkah lo ngerasa males ngerjain skripsi karena kendala yang banyak banget?

Nggak jarang, semangat yang berapi-api saat awal proses penyusunan skripsi malah meredup karena berbagai hal yang terjadi di tengah perjalanan menyusun skripsi. Alhasil, kuliah pun bisa molor sampai belasan semester.

Revisi yang nggak abis-abis, kendala di lapangan, impian atau kesibukan lain, pembimbing yang dirasa killer atau hal lainnya jadi beberapa contoh penyebab mahasiswa males-malesan ngerjain skripsi.

Bahkan mungkin, lo mengalami situasi yang disebut sebagai writer’s block, di mana lo merasa stuck dan nggak bisa menulis apapun meski sudah duduk lama di depan layar laptop. lo merasa skripsi terlalu sulit untukmu dan lo nggak termotivasi untuk menyelesaikannya.

Nah buat lo yang lagi ada di fase ini, jangan berputus asa dulu, ya! Sebab ada banyak cara buat mengembalikan semangat lo yang meredup.

Nurul Aini Ongkowidjoyo, M.Psi., Psikolog sekaligus Konselor dari aplikasi konseling online Riliv menjelaskan bahwa perasaan nggak ingin melanjutkan pengerjaan skripsi tersebut disebut sebagai demotivation.

"Demotivation, atau demotivasi itu adalah kondisi ketika seseorang kehilangan semangat dan komitmennya dalam melakukan sesuatu. Tidak menutup kemungkinan bahwa demotivasi juga terjadi pada anak kuliah yang sedang skripsi atau karyawan yang bosan dengan rutinitas kerja," ujar Nurul Aini Ongkowidjoyo dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/11/2021).

Baca Juga: Viral di TikTok, Ini 5 Tips Nyelesain Skripsi A La Wakil Rektor Unnes

Meski nggak mudah, Nurul mengatakan setiap orang bisa melalui demotivasi. Ia menyebut perasaan semacam itu adalah hal yang sangat wajar.

Jika lo sedang terjebak demotivasi dalam menyusun skripsi, lo bisa coba 6 tips ala Nurul ini, guys!

  1. Ambil istirahat sejenak
Mungkin selama ini lo terlalu memforsir dirimu menyelesaikan skripsi, sampai lo lupa istirahat. Hanya skripsi, skripsi, dan skripsi yang ada di benakmu.

Stop! Ini saatnya lo istirahat. Menjauhlah dari skripsimu sejenak saja dan cari aktivitas lain yang nggak mengingatkanmu pada skripsi. Bersantailah untuk sementara. Usai bersantai, motivasi lo akan kembali dan lo akan lebih siap menghadapi tantangan selanjutnya.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest