Follow Us

Simak Nih 6 Tips Sukses Lolos Wawancara, Salah Satunya Harus Riset!

Hanif Pandu Setiawan - Rabu, 17 November 2021 | 16:25
Ilustrasi ketika interview
Freepik

Ilustrasi ketika interview

HAI-Online.com – Tahap wawancara atau interview kerap menjadi momok menakutkan dalam proses melamar, baik itu untuk beasiswa maupun pekerjaan.

Nah bagi calon mahasiswa yang sedang mendaftar beasiswa, biasanya tahapan wawancara menjadi tahap seleksi akhir untuk menentukan apakah lo layak menerima beasiswa.

Namun lo nggak perlu insecure! Ada beberapa tips agar sukses melewati tahap wawancara ini.

Merangkum laman Instagram resmi @ditjen.dikti, ada setidaknya 6 langkah yang bisa lo coba biar sukses di tahap ini. Yuk kita simak!

  1. Dandan rapi!
Salah satu kiat wawancara beasiswa adalah berpakaian rapi dan formal. Hal itu demi menciptakan impresi awal yang mengesankan bagi panitia penyelenggara beasiswa.

Baca Juga: Dikenal sebagai Polyglot, Fiki Naki Bagiin 4 Tips Jago Bahasa Asing

  1. Postur tubuh harus tegap
Hal kedua adalah postur tubuh harus tegap dengan posisi duduk yang tegak.

Postur ini akan membuat pewawancara terkesan dengan sikap sopan dan disiplin dari para kandidat yang sedang berjuang untuk memperoleh beasiswa.

  1. Lakukan riset
Saat kamu telah melakukan riset dan mengetahui hal mendasar, keunggulan, dan prestasi kampus maupun jurusan yang dituju, itu akan menunjukkan antusiasme kepada orang yang sedang mewawancarai.

  1. Harus percaya diri!
Saat mengikuti proses wawancara, percaya diri adalah hal yang penting buat meyakinkan pewawancara. Artinya, lo harus bisa menyampaikan jawaban yang komprehensif dan terinci, biar menarik pihak kampus atau pewawancara terkait beasiswa yang sedang dituju.

Baca Juga: 6 Tips Jitu Biar Personal Branding Nggak Dicap Pencitraan, Simak!

  1. Lakukan kontak mata yang alami
Saat wawancara beasiswa, usahakan lakukan kontak mata dengan cara yang alami.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest