Follow Us

Ternyata Cewek Ini yang Bikin Logo “Swoosh” Nike, Dapet Bayaran Cuma Rp470.000!

Ferry Budi Saputra - Rabu, 17 November 2021 | 10:33
Ilustrasi Nike
DREW ANGERER / AFP

Ilustrasi Nike

HAI-Online.com – Kalian pada tau kan bentuk logo Nike yang mirip seperti tanda centang? Yap, ternyata logo tersebut didesain oleh seorang mahasiswi.

Mahasiswi tersebut bernama Carolyn Davidson. Pada saat itu logo “Swoosh” yang ia bikin dibeli sama Nike seharga US$ 35 atau sekitar Rp470.000, saat perusahan pakaian olahraga ini mulai menjalankan bisnisnya. Wow bisa dibilang nggak terlalu mahal ya.

Baca Juga: 54% Warga Jabodetabek Prefer Olahraga di Taman atau Lapangan

Diketahui Carolyn Davidson merupakan mahasiswi seni grafis di Portland State University yang membuat logo “Swoosh” Nike, memang pada saat itu lagi mencari kerja sampingan dan nggak punya uang untuk ngambil program painting class.

Ibunya Nike swoosh

Ibunya Nike swoosh

Berkat berkenalan dengan Phil Knight, salah satu pendiri Nike. Pada saat itu Phil mengaku lagi menjalankan usaha sampingan juga yaitu menjual sepatu bersama pelatih larinya, Bill Bowerman di Universitas Oregon pada 1964.

Phil yang saat itu masih mengajar sebagai asisten profesor di bidang akuntansi menjalankan bisnis bersama Blue Ribbon Sports, prekursor untuk Nike.

Blue Ribbon Sports adalah distributor utama sepatu Onitsuka Tiger dari Jepang. Phil saat itu harus bekerja keras menjual sepatu dengan cara berkeliling.

Baca Juga: Lionel Messi Betul-Betul Sakit Hati Dengar Ucapan Presiden Barcelona

Tau ada mahasiswa yang butuh kerjaan, Phil kemudian mendekati Carolyn Davidson dan mengajak kerja sama membuat beberapa grafis untuk bisnisnya. Saat itu, Phil menawarkan bayaran kerja US $ 2 per jam untuk satu kali kerja.

Sontak mendengar tawaran tersebut Carolyn langsung menerimanya. Dia bekerja untuk Blue Ribbon Sports, sebagian besar kerjaannya adalah membuat grafik dan desain produk alam.

Beberapa tahun kemudian, Phil memutuskan mengembangkan bisnisnya ke tingkat yang lebih luas lagi. Bukan sekedar distributor AS dari sepatu lari Jepang, tetapi mulai memproduksi dan menjual brand sepatu sendiri.

Nike’s Air Max 270
QZ/Nike

Nike’s Air Max 270

Hingga kini sepatu dengan merek Nike sudah melanglang buana ke berbagai penjuru dunia. Bahkan, begitu terkenal hingga dipakai banyak pesepakbola, sebut saja Ronaldo, Ronaldinho, dan Sergio Ramos. (*)

Baca Juga: Kerap Muncul di Manga dan Anime, Inilah 7 Kelas Prajurit Masa Feodal Jepang

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular