Follow Us

5 Skill yang Bakal Kamu Dapetin setelah Kuliah S2 yang Berguna Banget di Dunia Kerja

Hanif Pandu Setiawan - Senin, 25 Oktober 2021 | 12:43
Ilustrasi Mahasiswa
HAI

Ilustrasi Mahasiswa

HAI-Online.com – Melanjutkan pendidikan tinggi ke jenjang S2 jadi pilihan bagi sebagian mahasiswa. Entah itu dilakukan tepat setelah lulus S1 atau saat mereka udah ngerasa perlu upgrade pendidikan mereka.

Namun buat kamu yang mungkin belum tahu, pendidikan di jenjang S2 itu berbeda lho dengan S1 meski sama-sama mempelajari ilmu yang spesifik.

Melansir laman resmi Universitas Bina Nusantara (Binus), menempuh program kuliah S2 memberikan banyak keuntungan terlebih di bidang karier spesifik. Khususnya pada jenis pekerjaan yang membutuhkan lisensi khusus.

Baca Juga: Industri e-Commerce Lahirkan Banyak Profesi Baru bagi Anak Muda Aktif, Kreatif dan Melek Digital, Skill Bikin Konten Live Streaming Salah Satunya!

Salah satu contohnya adalah gelar dokter medis. Setelah lulus pendidikan dokter di jenjang S1, mahasiswa mungkin menguasai wawasan kedokteran. Namun jika ingin membuka praktik atau bekerja sebagai dokter berlisensi, kamu harus melanjutkan kuliah S2.

Di samping itu, gelar S2 juga membantumu memperoleh pekerjaan di bidang yang berisiko tinggi atau menuntut kepercayaan publik tinggi. Contohnya aja program kuliah untuk jadi akuntan publik bersertifikat, arsitek, insinyur, konsultan pajak, dan dll.

So, semakin tinggi pendidikan yang ditempuh, akan banyak keahlian baru yang diperoleh. Selain itu, semakin tinggi pendidikan dan makin banyak pengetahuan yang dimiliki juga memperbesar peluangmu bisa bekerja di perusahaan atau instansi bergengsi.

Baca Juga: Inilah 10 Kampus Jurusan Ekonomi-Bisnis Terbaik Indonesia 2022 Versi THE WUR

Jadi meski kuliah jenjang S2 bisa dibilang lebih menantang dan membutuhkan biaya yang lebih besar dai jenjang S1, kamu akan mendapat banyak skill atau keterampilan yang memberi keuntungan jangka panjang.

Nah HAI bakal bagiin, nih, lima skill yang bisa kamu dapatkan saat kuliah S2. Check them out!

  1. Aspek keilmuan yang lebih spesifik
Program Magister sangat cocok bagi mahasiswa yang pengen jadi spesialis karena aspek keilmuannya yang memang lebih spesifik.

Jadi kamu berkesempatan mempelajari suatu bidang secara mendalam hingga ke balik permukaan. Hal ini berbeda dengan lulusan S1 yang biasanya memiliki latar belakang ilmu lebih general atau umum.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest