Follow Us

Sama-sama Populer, Inilah Perbedaan Soto Lamongan dan Soto Betawi

Ferry Budi Saputra - Rabu, 20 Oktober 2021 | 13:05
Soto Lamongan
Sajian Sedap

Soto Lamongan

HAI-Online.com - Soto menjadi makanan yang sering dijumpai dimana-mana. Saking banyak ragamnya, nggak sedikit orang yang kebingungan ngebedain soto yang satu dengan yang lainnya.

Nah, dari sekian banyak ragam soto tentu yang paling sering dijumpai dan populer adalah Soto Lamongan dan Soto Betawi. Tapi, tau nggak kalian apa yang ngebedain dari dua soto tersebut?

Yap, memang ada perbedaan signifikan jika diperhatikan antara kedua soto tersebut baik dari kuah atau pun isiannya. Kalo emang penasaran, mending langsung aja nih cek perbedaan antara Soto Lamongan dan Soto Betawi.

1. Soto Lamongan

Soto Lamongan
Sajian Sedap

Soto Lamongan

Melansir Kompas.com, 8 September 2021, sesuai namanya Soto Lamongan merupakan makanan yang berasal dari Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Soto Lamongan ini identik dengan kuah yang bening menggugah selera. Biasanya disajikan dengan taburan bubuk koya sebagai pelengkap rasa dan pengental kuah.

Untuk Soto Lamongan, ciri khas utama terletak pada taburan bubuk koya, irisan serong daging ayam, dan kuah bening. Bubuk koya ini bukan hanya sekedar bubuk tetapi terbuat dari kerupuk udang goreng dan bawang putih goreng yang dihaluskan.

Sementara itu, kuah beningnya cenderung berwarna kuning karena penggunaan kunyit.

Lalu, ada bumbu lain yang digunakan dalam soto ini di antaranya bawang, lada, kemiri, ketumbar, dan jahe. Selain itu, Soto Lamongan bukan menggunakan daging sapi tetapi menggunakan daging ayam kampung yang teksturnya padat sehingga nggak gampang hancur ketika dipotong menyamping.

Baca Juga: Sama-Sama dari Minang, Ini Bedanya Nasi Kapau dengan Nasi Padang

2. Soto Betawi

Soto Betawi susu
Sajian Sedap

Soto Betawi susu

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest