Follow Us

Sama-Sama dari Minang, Ini Bedanya Nasi Kapau dengan Nasi Padang

Hanif Pandu Setiawan - Jumat, 20 Agustus 2021 | 15:50
Nasi kapau ternyata berbeda dengan nasi padang lho, sob.
Silvita Irayanti/Wikimedia

Nasi kapau ternyata berbeda dengan nasi padang lho, sob.

HAI-Online.com – Pernah, nggak, sih lo, pas lagi pengen beli nasi padang, malah nyasarnya ke warung nasi kapau?

Nah meski sama-sama berasal dari Minang, ternyata nasi kapau dan nasi padang punya perbedaan lho, sob.

Seperti yang kita tahu, rumah makan padang udah tersebar di seantero Nusantara, dari kota besar hingga desa terpencil. Dari banyaknya rumah padang tersebut, nggak semuanya nyuguhin 'nasi padang', tetapi ada pula yang jadiin 'nasi kapau' sebagai menu andalan mereka.

Menjawab hal ini, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas Nusyirwan Effendi menjelaskan beberapa perbedaan antara keduanya.

"Ada beberapa perbedaan antara nasi kapau dengan nasi padang. Pertama, nasi kapau dijual oleh orang asli Kapau," tutur Nusyirwan Effendi kepada KompasTravel beberapa waktu lalu.

Kapau sendiri merupakan nama nagari atau desa yang terletak di Kabupaten Agam. Warga lokal menyebut warung makan ini sebagai "rumah makan nagari kapau".

Perbedaan lain adalah pada cara penyajian menunya. Nusyirwan menjelaskan, menu di rumah makan padang dipajang di etalase, berbeda dengan nasi kapau.

"Menu nasi kapau dipajang di atas meja, letaknya lebih rendah dari si penjual. Kalau nasi padang kan etalasenya lebih tinggi," tutur lulusan Bielefeld University tersebut.

Karenanya, pengunjung yang pengen mencicipi nasi padang bisa langsung memilih menu dari etalase kaca. Sementara di warung nasi kapau, kita harus masuk dahulu ke restorannya untuk memilih menu.

Sedangkan soal rasa, Nusyirwan mengatakan, ada satu menu yang punya cita rasa berbeda, yakni Gulai Kapau.

"Bahan dasarnya kol, nangka, dan kacang panjang. Kuah gulainya berwarna kuning, dan ada cita rasa sedikit asam. Itu yang otentik," ungkapnya.

Gulai Kapau disantap bersama satu lauk yang bisa lo pilih, mulai dari olahan ikan, ayam, daging, sampai hidangan khas Kapau lainnya yakni rendang ayam.

Editor : Al Sobry

Latest