Follow Us

Inilah Makna ‘Ilmu Kudu’ pada ‘Universitas Tama Jagakarsa Ampera yang Sempat Bikin Penasaran

Hanif Pandu Setiawan - Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:05
Apa sih sebenarnya lanjutan 'Ilmu Kudu' yang terpampang pada gedung Universitas Tama Jagakarsa Ampera?
@Radiculatus/Twitter

Apa sih sebenarnya lanjutan 'Ilmu Kudu' yang terpampang pada gedung Universitas Tama Jagakarsa Ampera?

HAI-Online.com – Beberapa waktu lalu rame postingan foto gedung bertuliskan ‘Universitas Tama Jagakarsa Ampera Ilmu Kudu’ di Twitter.

Seolah seperti kalimat yang belum tuntas, netizen pun dibuat penasaran sama lanjutan dari tulisan ‘ilmu kudu’ yang terpampang pada gedung tersebut. Kudu (harus) apa?

"Lewat sini puluhan kali pun masih ga paham Ilmu Kudu tuh gimana. Kudu pinter apa kudu bisa apa kudu gimanaaaaargh?!!" tulis akun Twitter @Radiculatus yang mengunggah postingan tersebut pada 14 Oktober lalu.

Baca Juga: Inilah 10 PTN Jurusan MIPA Terbaik Indonesia 2022 Versi THE WUR

Nah, menanggapi pertanyaan yang rame ini, Humas Universitas Tama Jagakarsa Eko Cahyo Mayndarto mengatakan, ilmu kudu sebenarnya mempunyai makna tersirat.

Eko menuturkan, ilmu kudu mempunyai arti bahwa seluruh civitas akademi universitas harus selalu maju dan tidak boleh mengenal kata menyerah.

“Yang dimaksud kudu adalah dari bahasa Jawa, bermakna harus bisa,” ujar Eko, seperti dikutip Kompas.com pada Senin (18/10/2021) kemarin.

Apabila diimplementasikan di dalam dunia kampus, lanjut dia, maka berarti kudu bisa selesai tepat waktu, kudu bisa berprestasi, kudu bisa langsung bekerja setelah lulus.

Selain itu juga kudu berjuang menghadapi segala tantangan dan rintangan, baik selama mengenyam pendidikan di kampus maupun setelah lulus.

“Dan paling utama adalah kudu bisa sukses baik di dunia dengan karir maupun profesi tanpa melupakan budi dan akhlak sebagai makhluk Tuhan,” ungkap Eko.

Baca Juga: BCA Buka Beasiswa bagi Lulusan SMA-SMK, Gratis Biaya Pendidikan dan Dapet Uang Saku!

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest