Follow Us

7 Kampus Ini Menyediakan Program Double Degree, Lulusan Bakal Dapat Dua Gelar Sekaligus

Ferry Budi Saputra - Jumat, 08 Oktober 2021 | 09:07
Ilustrasi kelulusan
PIXABAY/GREYMATTERS

Ilustrasi kelulusan

HAI-Online.com - Perlu lo ketahui nih, ada salah satu program gelar sarjana ganda atau biasa disebut double degree/dual degree.

Gelar sarjana ganda, biasa disebut double degree atau dual degree adalah suatu program yang diselenggarakan universitas untuk membantu mahasiswanya belajar di dua tempat sekaligus.

Baca Juga: 3 Profesi Penting yang Masih Sepi Peminat di Indonesia, Ada Profesi Aktuaris

Jadi lo bisa berkuliah di perguruan tinggi dalam dan luar negeri sekaligus. Mahasiswa program ini juga bisa lulus dengan dua gelar sekaligus dalam jangka waktu 4 tahun.

Kalo lo emang ikut program ini, nantinya lo bakal terdaftar sebagai mahasiswa di kelas internasional.

Untuk ketentuannya mahasiswa program double degree bakal menghabiskan 2 tahun di perguruan tinggi dalam negeri lalu melanjutkan 2 tahun di perguruan tinggi luar negeri.

Melansir Kompas.com, informasi dari laman Brain Academy, berikut ini ada 7 Perguruan Tinggi di Indonesia yang menyediakan program double degree.

1. Kelas Internasional Universitas Indonesia (UI)

Program double degree tersedia di Kelas Internasional Universitas Indonesia. Selain bekerja sama dengan banyak universitas luar negeri, program double degree UI juga menyediakan dua program gelar ganda, yaitu untuk gelar sarjana dan gelar magister.

Adapun jurusan UI yang menyediakan program double degree, yaitu Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Arsitek, Kedokteran, Ilmu Komputer, Psikologi, Ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Komunikasi.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM juga memiliki program double degree. Adapun universitas luar negeri yang jadi mitra UGM yaitu Universitas Ibaraki, Universitas Keio, Universitas Ritsumeikan Asia Pacific, Universitas Takushoku, Universitas Kobe, Universitas Hiroshima, dan Universitas GRIPS di Jepang, serta Universitas Flinders di Australia.

1 2 3

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest