Follow Us

Riz Ahmed Komentari Film Remaja Indonesia, YUNI yang Menang di Toronto Festival 2021

Al Sobry - Minggu, 19 September 2021 | 15:22
Riz Ahmed di TIFF 2021

Riz Ahmed di TIFF 2021

Tak ayal, film Yuni karya sutradara Kamila Andini ini berhasil memenangi kategori Platform Prize di ajang Toronto International Film Festival 2021. Aktor Hollywood Riz Ahmed, selaku Ketua Dewan juri yang juga membacakan pengumuman Yuni di ajang TIFF 2021 membeberkan alasan mengapa film kisah remaja ini unggul dibanding dengan pesaing lainnya.

Riz Ahmed dalam komentarnya, beralasan bahwa film Yuni telah membawa perspektif baru di dunia perfilman.

Baca Juga: Film YUNI yang Mengisahkan Mimpi dan Pilihan Remaja Cewek Tayang di TIFF 2021

"Juri tersentuh oleh film yang membawa perspektif baru dan intim untuk sebuah cerita remaja, yang ditandai dengan struktur yang subtil, penggambaran yang indah, dan sinematografi yang halus,” tutur Riz Ahmed dikutip dari Kompas.com pada Minggu (19/9/2021).

Kamila Andini yang menerima penghargaan Platform Prize di TIFF tahun ini pun menyampaikan rasa syukurnya atas keberhasilan film Yuni.

Istri Ifa Isfansyah ini masih ingat ketika kali pertama mengikuti kompetisi tersebut pada 2015 lewat sebuah film pendek.

Kamila Andini menerima penghargaan TIFF 2021

Kamila Andini menerima penghargaan TIFF 2021

Namun, karyanya kali itu belom begitu menonjol di hadapan para juri. Barulah, pada keikutsertaannya yang ketiga, Kamila Andini tak menyangka bisa membawa pulang penghargaan tersebut.

TIFF 2021 juga mencatat Kamila Andini adalah sineas pertama yang dua kali masuk ke dalam Platform Prize competition.

Sebelum karya Yuni, Kamila Andini pernah masuk kompetisi tersebut melalui film The Seen and Unseen atau yang lebih dikenal dengan Sekala Niskala dalam TIFF 2017.

Kemudian YUNI kembali menuai puji para juri, sehingga layak membawa piala TIFF 2021 di kategori Platform Prize. Kategori ini diketahui adalah penghargaan film tahunan yang diberikan TIFF untuk film-film bernilai artistik tinggi. Kompetisi ini juga menunjukkan siapa saja sineas dengan visi penyutradaraan yang kuat.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest