Follow Us

Viral Video Ikan Berukuran Raksasa di TikTok, Begini Penjelasan Peneliti

Ferry Budi Saputra - Selasa, 14 September 2021 | 15:05
Tangkapan Layar video TikTok soal ikan berukuran raksasa
TikTok/ @nandunghambaallah

Tangkapan Layar video TikTok soal ikan berukuran raksasa

HAI-Online.com - Baru-baru ini viral di media sosial, unggahan video tentang kemunculan seekor ikan berukuran besar di sebuah kolam.

Baca Juga: Bioskop Resmi Dibuka untuk wilayah PPKM Level 2 dan 3, Penonton Wajib Bawa PeduliLindungi

Video TikTok yang memperlihatkan seekor ikan berukuran besar itu diunggah akun @nandunghambaallah, dalam video itu terlihat seorang cowok sedang memegang badan ikan dengan sedikit menariknya ke atas permukaan air.

Terlihat badan ikan yang besar dan kemungkinan panjangnya sekitar lebih dari dua meter. Sontak video viral itu menyita banyak perhatian netizen.

@nandunghambaallah Balas @putridwianggita0 jangan percaya ini editan ????????????##fypシ゚viral ##xyzbca ##btsanjiing ##medan ##AsikBarengResso

♬ Dj Jang Ganggu Viral Tiktok - DJ Mbon Mbon

Mengenai video viral tersebut, ahli peneliti utama bidang ikan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang sekarang menjadi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Haryono, mengatakan ikan yang viral di medsos tersebut merupakan jenis ikan Arapaima gigas.

Baca Juga: Biar Gak Bawa Virus, Begini Cara Mencuci Seragam Sekolah Usai Pulang PTM

Haryono mengatakan, Arapaima termasuk jenis ikan air tawar, dan bukan jenis ikan yang berasal dari Indonesia. Menurutnya, ikan Arapaima memiliki habitat di Sungai Amazon, Amerika Selatan. Selain itu, ikan Arapaima termasuk jenis ikan predator atau pemangsa ikan lainnya.

Oleh karena itu, Arapaima bisa berbahaya apabila sampai lepas ke perairan umum karena bisa mengancam kelestarian ikan asli perairan tersebut.

Haryanto juga menjelaskan Arapaima masih kerabat ikan Arwana, yaitu famili Ostoeglossidae. Selain itu, ikan Arapaima gigas bisa tumbuh hingga ukuran maksimal sampai 4,5 meter dan beratnya bisa mencapai hingga 200 kilogram.

Meski jenisnya merupakan ikan predator, tetapi ikan tersebut dipastikan nggak menggigit manusia. Namun fisiknya yang besar, diimbau tetap menjauhinya dari anak-anak karena jika menabrak tenaganya cukup besar.

Nah, itu tadi jawaban dari ikan raksasa yang viral di media sosial, ternyata merupakan Ikan Araipama.

Baca Juga: 75% Anak Muda Punya Kemampuan Mengatasi Perubahan Iklim, Sayangnya Banyak yang Dipandang Sebelah Mata

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penjelasan Peneliti Terkait Jenis Ikan Berukuran Raksasa yang Viral di Medsos"

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest