Follow Us

3 Alasan Kucing Hobi Banget Berjemur, Salah Satunya buat 'Me Time'!

Hanif Pandu Setiawan - Sabtu, 11 September 2021 | 17:05
Kucing Manx yang terlahir nggak punya ekor.
animalhealthcenternh.com

Kucing Manx yang terlahir nggak punya ekor.

HAI-Online.com – Lo mungkin sering banget liat kucing lagi enak-enakan berjemur di depan rumah, di bawah sinar matahari.

Namun kenapa kucing nggak nyari tempat yang teduh buat tiduran atau bersantai, bahkan kadang sampai ketiduran?

Meski berbulu tebal, kucing ternyata juga senang mencari sinar matahari pagi, kayak manusia. Bahkan ketika cuaca tengah panas sekali pun, kucing nggak pernah bosan mencari pojok yang hangat terkena sinar ultraviolet.

Terus apa, sih, sebenarnya alasan kucing suka berjemur?

1. Me time

Me time bukan hanya dilakukan manusia lho. Melansir Petside, kucing menyukai sinar matahari untuk beberapa alasan. Selain alasan mencari nutrisi untuk tubuh, juga alasan mencari kenyamanan atau hiburan.

Bagi kucing, kehangatan berbanding lurus dengan keamanan. Jadi ketika kucing tengah berjemur di bawah sinar matahari, bisa jadi ia tengah ingin masuk ke zona nyaman dan menikmati me time.

Baca Juga: UI Gelar Ospek Virtual, Kucing Kampus Juga Diajak Jadi Panitia

2. Biar nggak kedinginan

Alasan kedua kucing berjemur adalah untuk mengusir hawa dingin. Hal ini sama seperti manusia yang akan sibuk mencari matahari pagi di dinginnya alam pegunungan.

Kebutuhan kucing akan suhu tubuh yang hangat ini berhubungan dengan kebiasaan para leluhurnya, yaitu kucing liar Afrika.

Kucing liar akan tidur sepanjang siang di bawah kehangatan mentari untuk menyimpan suhu hangat tubuh yang akan digunakannya sebagai energi berburu makanan di malam hari.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest