Follow Us

Nggak Cuma buat Hitung-hitungan, Matematika Ternyata Banyak Pengaplikasiannya Lho

Hanif Pandu Setiawan - Minggu, 15 Agustus 2021 | 16:05
Gara-Gara Anime, Soal Matematika Berumur 25 Tahun Berhasil Dipecahkan

Gara-Gara Anime, Soal Matematika Berumur 25 Tahun Berhasil Dipecahkan

HAI-Online.com – Meski sering dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit, matematika punya banyak manfaat di kehidupan sehari-hari lho, sob.

Bahkan, dari karier hingga aktivitas sehari-hari, nyatanya kehidupan nggak terlepas dari matematika karena matematika nggak hanya hitung-hitungan sederhana.

Menurut World Economic Forum (WEF) yang merilis 10 profesi yang paling bersinar di tahun 2025 menurut Future of Jobs Survei 2020 oleh World Economic Forum, sebagian dari pekerjaan tersebut membutuhkan lulusan dari jurusan matematika, teknik informatika, serta statistik, yaitu:

  1. Data analyst and data scientist
  2. Artificial intelligence (AI) and machine learning specialist
  3. Big Data Specialist
  4. Digital marketing and strategy specialist
  5. Process automation specialist
  6. Business development professionals
  7. Digital transformation specialist
  8. Information security analyst
  9. Software and application developer
  10. Internet of things specialist
Baca Juga: Kreatif Banget, OSIS SMAN 3 Kab. Tangerang Gelar Lomba Tarik Tambang Online

Ramon, salah satu Tutor Matematika Zenius Ultima Plus dan Ultima mengatakan, matematika sangat terpakai dalam pengoperasian internet. Sehingga

"Contohnya, cara Google dalam menentukan hubungan dan popularitas dari berjuta-juta situs yang dia index itu pakai aljabar linier alias matriks dan teori graf," paparnya seperti dilansir dari laman Zenius.

Sementara itu,Tutor Matematika Wajib Zenius Optima, Sandi juga mengatakan bahwa statistika, kalkulus dan logika merupakan tiga elemen klasik matematika yang bersatu padu untuk menciptakan neural network dan machine learning yang dipakai untuk membuat artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

"AI sendiri lagi booming-booming-nya dan dipakai antara lain untuk self-driving cars, bikin deepfakes, gedein resolusi gambar, prediksi harga dan lainnya," papar Sandi. Jadi, lanjut dia, jangan kaget bila 10-20 tahun lagi akan semakin banyak teknologi yang menggunakan AI.

Baca Juga: 5 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi, dari Jurnalis sampai YouTuber

Begitupula dengan dunia game yang kian berkembang. Tutor Matematika Peminatan Zenius Optima, Suci mengatakan dalam pembuatan game banyak sekali pengaplikasian matematika.

Sistem koordinat, persamaan linear dan logika matematika adalah sebagian kecil ilmu yang digunakan untuk menggerakkan tokoh utama dalam game.

"Untuk game dengan animasi 3D ternyata juga ada aplikasi vektor matriksnya juga lho. Jadi, udah berminat buat bikin game?" ucap Suci.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest