Follow Us

Dianggap Ganggu, Nyatanya Musik Metal Baik Buat Kesehatan Mental Lho

Hanif Pandu Setiawan - Kamis, 12 Agustus 2021 | 10:00
Ilustrasi fans musik metal
Jacek Karczmarczyk/Wikimedia Commons

Ilustrasi fans musik metal

HAI-Online.com – Terlepas dari musiknya yang cadas dan penampilan personelnya yang sangar, ternyata musik metal punya manfaat bagi kesehatan mental pendengarnya lho.

Berdasarkan penelitian pada 2019, mendengarkan musik heavy metal sebenarnya baik untuk kesehatan mental para penggemar genre tersebut.

Hal ini berkebalikan dengan imej fans musik metal yang kadang dianggap serem.

Kepada The Conversation, Profesor Nick Perham, seorang metalhead dengan gelar PhD dalam psikologi menjelaskan bahwa pendengar yang lebih terbiasa dengan musik metal cadas mendapatkan manfaat mental dalam bagaimana mereka mengelola amarah.

"Terlepas dari konten lirik yang sering mengandung kekerasan dalam beberapa lagu heavy metal, penelitian yang baru-baru ini diterbitkan telah menunjukkan bahwa penggemar tidak menjadi peka terhadap kekerasan, yang meragukan efek negatif yang sebelumnya diasumsikan dari paparan musik semacam itu dalam jangka panjang," tulis Profesor Perham, sebagaimana dilansir Loudwire.

Baca Juga: Peneliti Sebut Musik Black dan Death Metal Cocok buat Didengerin Saat Coding

Musik metal juga dikatakan sang profesor bisa berpengaruh dalam bagaimana mereka menyesuaikan diri saat mereka tua nanti.

"Memang, penelitian telah menunjukkan penggemar jangka panjang lebih bahagia di masa muda mereka dan lebih baik menyesuaikan diri di usia paruh baya dibandingkan dengan teman-teman mereka yang bukan fans," ungkapnya.

Perham menambahkan bahwa temuan lain menunjukkan bahwa mereka yang dibuat marah dan kemudian mendengarkan musik heavy metal nggak membuat kemarahan mereka semakin meledak.

Alih-alih, musik metal justru meningkatkan emosi positif. Sehingga mendengarkan musik ekstrem malah bisa jadi cara yang sehat dan fungsional untuk memproses kemarahan.

Baca Juga: Panduan Memahami Beda Musik Metal dengan Hardcore Versi Burgerkill

Lebih dari itu, Profesor Perham mengungkapkan bahwa musik metal dapat membantu cara berpikir para metalhead dengan memberi mereka "alat" untuk memperdebatkan posisi mereka secara logis.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest