Follow Us

Deretan 10 Universitas Tertua di Indonesia, Kampus Lo Salah Satunya?

Hanif Pandu Setiawan - Jumat, 30 Juli 2021 | 15:00
Sekolah Ilmu Kesehatan dan Vaksin (Opleiding van eleves voor de genees-en helkunde en vaccine) di tahun 1849 ini jadi cikal bakal Universitas Indonesia.
Collectie Stichting Nationaal Museum van Wereldculturen/Wikimedia

Sekolah Ilmu Kesehatan dan Vaksin (Opleiding van eleves voor de genees-en helkunde en vaccine) di tahun 1849 ini jadi cikal bakal Universitas Indonesia.

HAI-Online.com – Tahukah kalian bahwa sejarah berdirinya perguruan tinggi pertama di Indonesia bermula dari politik Etis yang diberlakukan pemerintah Hindia Belanda—yang salah satu programnya adalah pendidikan.

Program pendidikan ini mendorong hadirnya institusi pendidikan yang lebih tinggi, setelah sebelumnya hanya ada sekolah dasar untuk belajar membaca, menulis, dan menghitung.

Nah inilah yang kemudian menjadi cikal bakal berkembangnya Universitas dan Fakultas di berbagai provinsi di Indonesia, termasuk Jakarta, Bandung, Surabaya, dan lainnya.

Saat itu, rintisan perguruan tinggi awalnya baru sebatas di bidang kesehatan. Dimulai pada tahun 1902, ketika di Batavia berdiri School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (School Tot Opleiding van Inlandsche Artsen atau dikenal sebagai Sekolah Dokter Bumi Putera).

Kemudian, diikuti dengan NIAS (Nederlandsch Indische Artsen School) di Surabaya, yang berdiri pada tahun 1913, hingga Sekolah Tabib Tinggi GHS (Geneeskundige Hooge School) yang didirikan pada tahun 1927.

Yuk kita simak deretan 10 perguruan tinggi tertua di Indonesia, dirangkum dari laman Kelas Pintar pada Jumat (30/7/2021).

Baca Juga: Daftar 20 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Rank 2021

Universitas Indonesia

Bermula dari Dokter-Djawa School Batavia yang didirikan pada tahun 1849, perguruan tinggi ini lantas berubah menjadi Universitas Indonesia pada tahun 1954.

UI adalah salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, dengan cakupan disiplin ilmu yang sangat luas. Setidaknya lebih dari 400.000 alumni telah dihasilkan kampus ini.

Melansir laman UI, latar belakang pendirian UI di masa kolonialisme adalah kebijakan eksploitasi bumiputera di tengah kondisi melonjaknya jumlah penduduk di Pulau Jawa oleh Pemerintah Hindia-Belanda menyebabkan permasalahan kesehatan berupa kurangnya tenaga kesehatan untuk menangani masyarakat, sehingga dibutuhkan dokter-dokter tambahan untuk membantu dokter yang sudah ada.

UI kemudian didirikan sebagai sekolah kedokteran untuk menghasilkan dokter-dokter tambahan tersebut pada tahun 1849 dan menjadi cikal bakal Fakultas Kedokteran UI.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest