Follow Us

Bolehkan Minum Kopi di Pagi Hari sebelum Sarapan saat Perut Kosong?

Dok Grid - Selasa, 20 Februari 2024 | 11:03
Ilustrasi menikmati secangkir kopi di pagi hari.
tribunnews

Ilustrasi menikmati secangkir kopi di pagi hari.

HAI-Online.com – Selain teh, kopi udah jadi minuman saat yang biasa dikonsumsi untuk memulai hari.

Pasalnya, selain membantu meningkatkan kewaspadaan, kafein dalam kopi dapat meningkatkan mood, fungsi otak, dan kinerja olahraga.

Baca Juga: Berapa Banyak Minum Kopi dalam Sehari yang Aman untuk Saraf dan Hati?

Selain itu, kafein di dalam kopi juga dapat menurunkan berat badan dan melindungi dari penyakit seperti diabetes tipe 2, Alzheimer, dan penyakit jantung.

Banyak orang menikmati minum kopi di pagi hari. Namun, beberapa orang menyatakan bahwa minum kopi dalam keadaan perut kosong itu bisa berbahaya buat kesehatan. Benarkah demikian?

Nah, melansir Healthline, penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat merangsang produksi asam lambung.

Karenanya, banyak orang percaya bahwa kopi mengiritasi perut, memperburuk gejala gangguan usus, seperti irritable bowel syndrome (IBS), dan menyebabkan mulas, mual, refluks asam, dan gangguan pencernaan lainnya.

Baca Juga: Manakah yang Lebih Baik, Minum Teh atau Kopi? Inilah Penjelasannya

Beberapa orang menyebut bahwa meminum secangkir kopi dengan perut kosong sangat berbahaya karena nggak ada makanan lain yang ada untuk mencegah asam merusak lapisan perut.

Namun, penelitian tersebut belum menemukan hubungan secara langsung antara konsumsi kopi dan masalah pencernaan.

Sementara sebagian kecil orang sangat sensitif terhadap kopi dan secara teratur mengalami masalah pencernaan ketika mengonsumsi kopi, baik dalam keadaan perut kosong maupun perut sudah terisi.

Namun yang terpenting, kita harus memahami bagaimana tubuh kita merespons. Jika seseorang mengalami masalah pencernaan setelah minum kopi dengan perut kosong tetapi nggak saat perut terisi, pertimbangkan untuk menyesuaikan asupan kopi harian.

Source : Healthline

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest