HAI-Online.com- Nggak cuma berdarah pengusaha bakpau (bocoran di film biopik.red) Susy Susanti juga merintis usaha di bidang peralatan olahraga yang kini tengah dijalankannya bersama sang suami, Alan Budikusuma.
Yap, keduanya adalah pasangan pebulutangkis Indonesia yang pernah mengharumkan bangsa di masa kejayaan badminton.
Nggak mau terlena dengan segala kejayaan masa lalunya di ajang profesional sebagai atlet bulutangkis yang pernah meraih medali emas Olimpiade pada tahun 1992, Alan dan Susysetelah keduanya memutuskan untuk pensiun, mereka melanjutkan kiprah gemilang di luar lapangan dengan menjalankan bisnis barunya.
Tifak jauh dari apa yang pernah digelutinya, Alan dan Susy menjalani bisnis yang akrab dengan dunia yang telah membawa namanya
terkenal.
Melalui merek peralatan olahraga bulutangkis Astec, keduanya membuktikan bahwa masa depan atlet setelah memasuki masa pensiun tetap bisa terjamin, sekaligus mampu berpartisipasi dalam mengembangkan olahraga kita.
Tak hanya itu, dengan mengangkat semangat #KitaMenangBersama, Astec hadir sebagai merek asli Indonesia dengan kualitas internasional berbasis pada semangat kebanggaan dalam membangun merek
lokal.
Selain itu, Astec juga mengumumkan bahwa pihaknya selalu fokus dalam mengembangkan produk dan juga bisnis, untuk menyediakan produk berkualitas dengan harga terjangkau bagi masyarakat Indonesia.
Menurut founder Astec Alan Budikusuma, peluncuran Astec juga berangkat dari kepeduliannya terhadap masyarakat yang kini gencar berokahrag di tengah pandemi Covid-19.
Berangkat dari hal tersebut, Astec bermaksud memotivasi masyarakat Indonesia untuk berjuang bersama dalam menjaga kebugaran dan meraih tingkat kesehatan fisik yang terbaik tentunya secara individual dan mendapatkan kesehatan optimal.
"Astec hadir memberikan semangat #KitaMenangBersama agar mampu menginspirasi masyarakat Indonesia untuk selalu menjaga kesehatan meski di tengah pandemi Covid-19 serta kesibukan aktifitas sehari-hari,” ujar Founder Astec, Alan Budikusuma dalam siaran tertulisnya, Rabu (30/6/2021).
"Pada kesempatan ini, pihaknya ingin membagikan pedoman hidup sehat yang pernah dijalani keduanya selama menjadi atlet profesional dan tentu kesehariannya.
Alan percaya, hingga saat ini ia dan Susy mengembangkan bisnis Astec dengan segala kesulitan yang dapat diatasi.
"Selama ada tekad yang kuat dan kerja keras yang konsisten, itu bisa," ucapnya lagi.
Tahukah kamu, penamaan merek Astec merupakan singkatan dari “Alan Susy Technology” yang sempat mengalami pasang surut di dunia usaha produsen alat olahraga, hingga pada pertengahan Mei 2018 lalu.
Namun kini, Alan dan Susy bekerja sama dengan PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA), untuk mengembangkan produk dan juga bisnis secara pesat.
Saat ini produk-produk merek Astec
tengah menjajaki pengembangan bisnis ke pasar internasional.
"Keberadaan Astec sebagai merek produk olahraga lokal Indonesia yang berbasis pada
semangat kebanggaan dalam membangun merek lokal selalu berusaha melakukan inovasi terbaru dalam menyediakan berbagai lini produk yang berkualitas dengan harga terjangkau,” ucap Susy Susanti, yang juga Founder Astec di acara yang sama.
“Kami ingin membuktikan bahwa merek
dalam negeri pun mampu bersaing dengan merek dari luar yang sudah lebih dulu hadir dan mendominasi pasar produk olahraga di Indonesia, bahkan dunia," ucapnya lagi.
Sementara itu, kolaborasi tahun ketiga dengan MAP ini menjadikan merek Astec diharaokan daoat menjangkau lebih jauh ke masyarakat Indonesia lainnya.
"PT Map Aktif Adiperkasa Tbk sudah turut melakukan penjualan produk Astec sejak
pertengahan tahun 2018, serta telah banyak melakukan kolaborasi dari sisi bisnis dan juga
produk yang ditawarkan,” ungkap VP Investor Relations, Corporate Communication &
Sustainability for MAP Group, Ratih Darmawan Gianda.
“Harapannya di masa yang akan datang produk Astec dapat dijangkau masyarakat secara luas dan mereka dapat mengetahui, Indonesia punya merek produk olahraga lokal yang berkualitas tinggi," terangnya lagi.
Astec juga menerapkan konsep pemasaran dual track dengan melakukan beberapa kemitraan strategis dalam pengembangan usahanya bersama Shopee sebagai mitra market place.
Bersama Shopee, produk-produk Astec akan dapat menjangkau pemasaran yang luas dan
efektif dari sisi online.
Baca Juga: Slank Beberapa Kali Ketemu Jokowi Saat Masa Kampanye, Bimbim: Kita Tuh Bukan Sahabat, Tapi...
"Kami yakin produk inovasi pelaku usaha lokal dapat memperlihatkan keunggulan serta potensi buatan asli Indonesia dan mendapatkan tempat di hati masyarakat," harapDaniel Minardi, Head of Brands Management, Shopee Indonesia.(*)