Follow Us

Perlu Diketahui Inilah 8 Hal Penting Protokol Isolasi Mandiri

Ferry Budi Saputra - Senin, 28 Juni 2021 | 09:16
Ilustrasi isolasi mandiri di rumah
Freepik

Ilustrasi isolasi mandiri di rumah

HAI-Online.com - Selain informasi Covid-19, hal penting lainnya yang perlu diketahui juga yaitu pengetahuan mengenai isolasi mandiri yang baik dan benar.

Baca Juga: Perlu Diketahui Inilah 8 Gejala dan Ciri Orang Terinfeksi Covid-19

Seperti diketahui kasus Covid-19 di Indonesia sedang meningkat. Kapasitas rumah sakit juga akhir-akhir ini kian bertambah oleh pasien yang terinfeksi Covid-19. Tentu isolasi mandiri di rumah juga bisa dilakukan apabila terinfeksi Covid-19.

Bagi kalian yang sering bertanya-tanya bagaimana sih protokol isolasi mandiri yang benar? Berikut ini disampaikan beberapa hal mengenai protokol isolasi mandiri, melansir dari akun Instagram Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Kamis (24/6/2021). Adapun sumber informasi berasal dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Protokol Isolasi Mandiri

1. Selalu memakai masker dan membuang masker bekas di tempat yang ditentukan. 2. Jika sakit (ada gejala demam, flu dan batuk), maka tetap di rumah saja. Jangan pergi bekerja, sekolah, kuliah, ke pasar, atau ke ruang publik untuk mencegah penularan masyarakat. 3. Manfaatkan fasilitas telemedicine atau sosial media kesehatan dan hindari transportasi publik. Beritahu dokter dan perawat tentang keluhan gejala, serta riwayat bekerja ke daerah terjangkit atau kontak dengan pasien Covid-19.

Baca Juga: Terus Bermutasi, Waspadai Gejala Covid-19 Terbaru Menurut Ahli Ini

4. Selama di rumah, bisa bekerja di rumah. Gunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lainnya dan jaga jarak 1 meter dari anggota keluarga.

5. Tentukan pengecekan suhu harian, amati batuk dan sesak nafas. Hindari pemakaian bersama peralatan makan, mandi dan tempat tidur. 6. Terapkan perilaku hidup sehat dan bersih, serta konsumsi makanan bergizi, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan lakukan etika batuk dan bersin. 7. Jaga kebersihan dan kesehatan rumah dengan cairan disinfektan. Selalu berada di ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi (15-30 menit). 8. Hubungi segera fasilitas pelayanan kesehatan jika sakit berlanjut seperti sesak nafas dan demam tinggi, untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Nah, itu tadi protokol isolasi mandiri di rumah. Berharap informasi tersebut dapat berguna bagi kalian yang selama ini bertanya-tanya mengenai isolasi mandiri.

Baca Juga: Ramai di Media Sosial, Minum Kayu Putih Atasi Gejala Covid-19, Ini Kata Dokter

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Seperti Ini Protokol Isolasi Mandiri, Mahasiswa Harus Paham"

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest