Follow Us

Nggak Cuma Menyerang Cewek, Waspadai 4 Hal yang Bisa Memicu Kanker Payudara pada Cowok

Hanif Pandu Setiawan - Kamis, 10 Juni 2021 | 18:00
Meski langka, kanker payudara juga bisa menyerang cowok, lho!
www.nationalbreastcancer.org

Meski langka, kanker payudara juga bisa menyerang cowok, lho!

HAI-Online.com – Sebagian besar dari kita mungkin menganggap kanker payudara hanya bisa dialami cewek. Namun meski terbilang langka, sebenarnya cowok pun bisa terkena penyakit ini lho, sob!

Padahal sama seperti cewek, cowok pun punya jaringan payudara dan dapat berkembang menjadi kanker payudara. Sel-sel di hampir semua bagian tubuh dapat menjadi kanker dan menyebar ke area lain.

Kanker payudara sendiri muncul saat sel-sel di payudara mulai tumbuh di luar kendali. Sel-sel ini biasanya membentuk tumor yang sering terlihat pada x-ray atau terasa sebagai benjolan.

Tumor bersifat ganas (kanker) jika sel-selnya dapat tumbuh (menyerang) jaringan sekitarnya atau menyebar (bermetastasis) ke area tubuh yang jauh.

Baca Juga: Waspada! Bentuk Penis yang Bengkok Ternyata Berisiko Tinggi Terkena Kanker

Terus apa sih penyebab kanker payudara yang terjadi pada cowok?

Simak nih beberapa faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan seorang cowok terkena kanker payudara, merangkum Kompas Health pada Kamis (10/6/2021).

1. Faktor usia

Seperti halnya pada wanita, risiko kanker payudara meningkat seiring bertambahnya usia. Usia rata-rata pria yang didiagnosis menderita kanker payudara adalah sekitar 68 tahun.

2. Tingkat estrogen yang tinggi

Pertumbuhan sel payudara – baik normal maupun abnormal – dirangsang oleh adanya estrogen. Pria dapat memiliki kadar estrogen yang tinggi sebagai karena efek dari obat hormonal kelebihan berat badan, konsumsi alkohol berlebihan, dan memiliki penyakit liver.

Baca Juga: Cowok Sering Alami Cedera dan Nyeri di Penis-nya, Kenali 4 Penyebabnya!

Halaman Selanjutnya

3. Faktor genetik
1 2

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest