Follow Us

Deafheaven Rilis Single 'Great Mass of Color', Nggak Black Metal Lagi!

Mohammad Farras Fauzi - Kamis, 10 Juni 2021 | 15:30
Deafheaven
Wikimedia

Deafheaven

HAI-ONLINE.COM - Setelah banyak mengundang kritik positif maupun negatif atas karya-karya mereka, unit post-metal / blackgaze Deafheaven akhirnya kembali luncurkan single baru 'Great Mass of Color' sekaligus umumkan album baru mereka yang siap rilis, 'Infinite Granite'.

Album terbaru dari band asal San Francisco ini dijawalkan dirilis pada 20 Agustus melalui Sargent House dan akan menindaklanjuti album penuh mereka 'Ordinary Corrupt Human Love' (2018).

Baca Juga: Deafheaven Sukses Gebrak Jakarta

Album berisikan 9 lagu baru ini diproduseri oleh Justin Meldal-Johnsen ( sebelumnya pernah bareng Wolf Alice & Paramore), yang kerja bareng dengan engineer Darrell Thorp serta produser reguler Deafheaven, Jack Shirley.

Kalo dengerin single pembuka album ini, 'Great Mass of Color', Deafheaven seakan menyajikan plot twist yang menarik bagi para pendengar yang banyak mengkritik mereka karena sering dianggap sebagai band black metal abal-abal.

Uniknya sebelum single ini, mereka sempet merilis track 'Black Brick' yang bener-bener black metal mentok, seakan membuktikan kalo mereka bukanlah sekadar poser black metal yang membawa-bawa nama black dalam elemen musik mereka.

Kali ini dengan 'Great Mass of Color', Deafheaven muncul dengan aransemen musik yang sangat berbeda, lewat unsur shoegaze yang dominan dan vokalis George Clarke yang bernyanyi dengan vokal bersih di sepanjang lagu. Coba dengerin deh 'Great Mass of Color' di bawah dan bandingkan dengan lagu 'Black Brick' di atas.

Suka ataupun nggak suka, momen seperti ini mungkin sengaja diciptakan oleh Deafheaven untuk membungkam para pendengar banyak omong melalui karya musik eksploratif yang mereka ciptakan.

"Siapapun bisa bikin musik yang sesuai dengan keinginan mereka sendiri" mungkin adalah kalimat paling sopan yang ingin diucapkan Deafheaven melalui single baru ini.

Sementara itu melalui NME, Deafheaven sendiri mengonfirmasi kalo 'Infinite Granite' dideskripsikan sebagai lompatan jauh bagi band ini serta dijanjikan akan menjadi rilisan paling bikin merinding yang pernah dibuat oleh mereka.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest