Follow Us

Mengenal Jurusan Mekatronika dan Prospek Kerjanya di Masa Depan

Hanif Pandu Setiawan - Kamis, 20 Mei 2021 | 14:30
Ilustrasi jurusan Mekatronika.
northeastern.edu

Ilustrasi jurusan Mekatronika.

HAI-Online.com – Mekatronika mungkin terdengar cukup asing bagi sebagian besar calon mahasiswa di Indonesia sebagai sebuah jurusan kuliah. Sebenarnya apa sih jurusan Mekatronika? Apakah berhubungan dengan dunia mecha atau robot?

Di Era Revolusi Industri 4.0, bisa dibilang banyak sekali perubahan besar yang menekankan pada aspek digitalisasi dan perpaduan teknologi dalam peradaban manusia.

Artinya, pemanfaatan teknologi sangat diperlukan untuk banyak hal yang berkaitan dengan produktivitas manusia agar bisa berjalan lebih efektif.

Nah, Program Peminatan Mekatronika pada Program Studi Teknik Elektro di Fakultas Teknologi Industri (FTI) menjadi salah satu jurusan yang bisa menjadi peluang dan tantangan di era Revolusi Industri 4.0 ini.

Baca Juga: Langka Banget, Ternyata 10 Jurusan Kuliah Ini Cuma Ada Satu di Indonesia

Salah satu perguruan tinggi yang memiliki jurusan Mekatronika adalah Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung.

Apa itu jurusan Mekatronika?

Jurusan Mekatronika bertujuan sebagai jembatan bagi generasi muda saat ini untuk membuka wawasan mengenai penguasaan teknologi.

Kepala Program Studi Teknik Elektro Unpar Bagus Arthaya penjelasan, wawasan Mekatronika yang merupakan gabungan tiga ilmu teknik, yaitu mekanika, elektronika, dan informatika.

Bagus menilai, karakteristik industri masa kini dan masa depan yang memiliki elemen produksi independen namun saling terkait.

Setiap elemen dalam sistem akan diberi kebebasan untuk melakukan hal terbaik dari dirinya. Setiap elemen diberi kemampuan untuk bekerja sama dengan elemen lain dalam rangka mencapai tujuan dari sistem itu.

Prospek lulusan Mekatronika di masa depan

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest