Follow Us

Viral Ratusan Pemudik Terobos Penyekatan di Karawang, Begini Kronologinya

Ferry Budi Saputra - Minggu, 09 Mei 2021 | 11:18
Pemudik Terobos Penyekatan di Karawang
Tangkapan Layar Instagram/ @tante_rempong_

Pemudik Terobos Penyekatan di Karawang

HAI-Online.com - Video yang menampilkan banyak pemudik menerobos pos penyekatan yang dijaga petugas kepolisian menjadi viral di media sosial.

Baca Juga: Cewek Ini Nggak Sengaja Ketemu Ayahnya saat Mudik, Gimana Ceritanya?

Video tersebut salah satunya diunggah di akun Instagram @tante_rempong_ pada Sabtu (8/5/2021). Dalam video terlihat kendaraan bermotor yang mudik ramai-ramai menerobos penjagaan.

Petugas yang berjaga juga terlihat kewalahan menghadang pemudik motor yang mencoba melewati penjagaan itu. Terlihat setelah berhasil dilewati para pemudik, polisi hanya membiarkan saja.

Melansir Kompas.com, Kapolres Karawang, AKBP Rama Samtama Putra mengkonfirmasi kejadian itu benar terjadi di wilayahnya. Kejadian terjadi tepatnya di Pos Sekat Bundaran Kepuh, Kabupaten Karawang, Sabtu (8/5/2021) pukul 00.05-00.15 WIB.

"Pada hari Sabtu tanggal 8 Mei 2021 diprediksi sebagai puncak arus mudik kendaraan pemudik dari arah Jakarta yang melintas di Jalur Arteri Pantura dengan didominasi oleh kendaraan roda 2, tepat pada pukul 00.05 WIB terjadi lonjakan arus pemudik yang melintas di Bundaran Kepuh," kata Rama kepada Kompas.com, Sabtu (8/5/2021).

Baca Juga: Unik! Brand Mainan Anak Luncurkan Smart Sajadah, Ini Beragam Fitur-nya

Rama melanjutkan, pada saat kejadian itu jumlah personel yang ada di lapangan tidak sebanding dengan jumlah pemudik, "Diperkirakan terdapat 500 pemudik, sehingga pemudik menerobos secara paksa barikade rekayasa dengan cara melawan arus saat diperintahkan oleh petugas untuk putar balik," jelas Rama.

Akhirnya, sebagian dari pemudik itu berhasil menerobos penyekatan dan melanjutkan perjalanan. Atas kejadian tersebut, pihak kepolisian pun melakukan penambahan personel.

"Kejadian penerobosan terjadi pada jam 00.05 WIB kemudian dilaksanakan penebalan personil BKO dari Sat Brimob dan Dalmas Dit Sabhara sehingga pada jam 00.15 WIB situasi sudah terkendali dan pemudik seluruhnya berputar kembali ke arah Jakarta," pangkas Rama.

Kendaraan yang datang dari arah Jakarta berhasil dikendalikan dan semua memutar arah dan tidak melanjutkan perjalanan ke tujuan awal.

Video pemudik menerobos penjagaan polisi itu kemudian banyak diunggah di media sosial dan turut mengundang perhatian netizen. Bahkan, nggak sedikit yang berkomentar terkait kejadian tersebut.

Baca Juga: Dua Tahun Nggak Bisa Mudik, Sal Priadi Kirim Pesan Pake Baliho untuk Keluarga di Malang

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Video Viral Ratusan Pemudik Terobos Penyekatan di Karawang, Begini Kejadiannya"

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest