Follow Us

Viral Video Hewan Mirip Cacing Keluarin Cairan Berbentuk Akar, Berbahaya atau Tidak? Begini Kata Peneliti Lipi

Ferry Budi Saputra - Senin, 05 April 2021 | 12:05
Viral Video Hewan Mirip Cacing Keluarin Cairan Berbentuk Akar, Beneran Berbahaya Nggak Sih? Begini Kata Peneliti Lipi
TikTok

Viral Video Hewan Mirip Cacing Keluarin Cairan Berbentuk Akar, Beneran Berbahaya Nggak Sih? Begini Kata Peneliti Lipi

HAI-Online.com - Viral di TikTok, video yang menampilkan hewan berbentuk mirip seperti cacing yang saat disentuh mengeluarkan cairan berbentuk akar putih dari tubuhnya.

Baca Juga: Rumahnyr4a Kebakaran karena iPad, Seorang Warga AS Tuntut Apple Rp 2 M

Video binatang yang mirip seperti cacing itu diunggah oleh akun TikTok @mana_kau_pigi. Dalam videonya terlihat hewan berwarna merah itu menggeliat dan tiba-tiba saja mengeluarkan cairan putih seperti akar. Pada video itu juga dibarengi dengan narasi si pemilik akun.

"Guys jika kamu menemui binatang ini jangan sekali-kali kamu menyentuh menggunakan tangan kosong. Karena jika disentuh menggunakan tangan kosong mengeluarkan racun yang berbahaya," katanya.

Nggak sedikit yang membantah pernyataan si pemilik akun tersebut, bahkan banyak yang bilang jika hewan tersebut nggak berbahaya. Malah ada juga yang bilang kalau hewan ini juga sering dipakai buat umpan mancing.

Hingga kini postingan tersebut telah ditonton lebih dari 2,4 juta orang dan disukai lebih dari 54 ribu pengguna dan mendapat 480 komentar.

Baca Juga: Disebut Lebih Ganas dari T-Rex, Seberapa Menyeramkan Dinosaurus Ini?

Sebenernya hewan apa sih itu dan beneran berbahaya atau nggak? Melansir kompas.com, peneliti di Puslit Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Iin Inayat Al Hakim menerangkan hewan dalam video viral tersebut bernama Nemertea. Iin menjelaskan, binatang tersebut pada zaman dahulu diklasifikasikan sebagai cacing atau takson vermes, karena memiliki bentuk yang memanjang.

Namun, setelah perkembangan ilmu pengetahuan dan penelitian klasifikasi hewan, nemertea tidak lagi termasuk dalam takson vermes, "Setelah science berkembang, klasifikasi hewan berubah seiring dengan kemajuan science dan teknologi. Hewan di video termasuk Fila minor yang termasuk Filum Nemertea," terangnya.

Lebih lanjut Iin menjelaskan Nemertea bukanlah hewan yang beracun sebagaimana yang disebutkan dalam video. Cairan yang terlihat keluar seperti di video adalah perekat untuk melawan musuh atau predatornya, "Itu perekat untuk menangkap musuh. Kalau kamu pegang juga keluar zat tersebut," ujarnya. Menurutnya, Nemertea umumnya ditemukan di pantai hingga laut dalam.

Nah, jadi itu tadi penjelasan peneliti terkait video viral di Tiktok mengenai binatang berbentuk seperti cacing yang mengeluarkan cairan seperti akar. Ternyata nggak beracun ya sob dan umumnya ditemui juga di pantai.

Baca Juga: 3 Barang Lama Ini Malah Bikin Lemari Kamu Jadi Kotor, Lebih Baik Singkirkan!

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest