Follow Us

Coldplay Mensponsori Pembersihan Sungai yang Tercemar di... Malaysia

Bagas Rahadian - Rabu, 31 Maret 2021 | 08:30
Coldplay
Wikimedia

Coldplay

HAI-Online.com - Band asal Inggris, Coldplay, mensponsori perahu untuk membersihkan limbah dan polusi plastik di sungai di Negara Malaysia.

Band ini pertama kali mengungkapkan berita tersebut di Twitter minggu lalu (25 Maret), dan mengumumkan kemitraan baru dengan organisasi nirlaba The Ocean Cleanup.

Melansir NME, organisasi tersebut mengembangkan teknologi untuk membersihkan lautan di dunia dari plastik, dan akan menggunakan "perahu pembersih sungai baru bernama Neon Moon 1, yang bakal berfungsi mengumpulkan plastik sebelum mencapai laut" di 1.000 sungai di seluruh dunia.

Pada hari yang sama, The Ocean Cleanup juga mengumumkan bahwa Coldplay akan mensponsori perahu layar Neon Moon 1 di Malaysia.

Kapal saat ini sedang dibangun di negara Asia Tenggara, dan diharapkan akan selesai pada musim semi 2021 dan segera digunakan setelahnya.

Baca Juga: The Offspring Rilis 'Let The Bad Times Roll', Album Baru Segera Hadir!

“Tanpa tindakan, mungkin akan ada lebih banyak plastik daripada ikan di lautan pada tahun 2050, itulah mengapa pekerjaan The Ocean Cleanup sangat penting. Kami bangga mensponsori Interceptor 005 - alias Neon Moon 1 - yang akan menangkap ribuan ton limbah sebelum mencapai laut, "kata Coldplay dalam sebuah pernyataan.

Neon Moon 1 Interceptor sedang dibangun secara lokal dalam kemitraan dengan perusahaan Finlandia Konecranes di fasilitas MHE-Demag di Bukit Raja, Klang, Malaysia dan diharapkan dapat menampung hingga 100 ton sampah - terutama plastik - setiap hari.

Sejak 2019, The Ocean Cleanup telah mengumumkan dan mengerahkan beberapa Interceptors di perairan yang sangat tercemar di Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand, Jamaika, Republik Dominika, dan Amerika Serikat.

Organisasi nirlaba tersebut saat ini bertujuan untuk meningkatkan upayanya untuk membersihkan 1.000 sungai secara global. (*)

Source : NME.com

Editor : Al Sobry

PROMOTED CONTENT

Latest