Follow Us

Tweet Pertama Bos Twitter Ditawar Seharga Rp 35 miliar, Buat Apa Ya?

Hanif Pandu Setiawan - Minggu, 07 Maret 2021 | 19:30
CEO Twitter, Jack Dorsey
The Verge

CEO Twitter, Jack Dorsey

HAI-Online.com - Sebuah cuitan bisa bernilai sangat besar, seperti twit miliki Bos Twitter Jack Dorsey yang ditawar 2,5 juta dollar AS atau setara Rp 35 miliar, sebagaimana dilansir dari BBC.

Twit tersebut adalah cuitan pertama yang diunggah Jack Dorsey di masa awal dirinya membangun platform yang awalnya diberi nama 'twttr' 15 tahun silam.

"just setting up my twttr (sedang menyiapkan twttr saya)," begitu bunyi cuitan Dorsey pada 22 Maret 2006.

Pada Jumat (5/3/2021), dia mengunggah link yang mengarahkan situs pelelangan yang terafiliasi dengan akun Twitter @Cent.

Baca Juga: Terungkap, Bill Gates Ternyata Lebih Suka Pake Android daripada iPhone

Menurut biografi @Cent, akun tersebut membeli dan menjual twit yang ditandatangani oleh pembuatnya.

Twit tersebut akan dijual sebagai non-fungible token ( NFT), semacam sertifikat digital yang menyatakan pihak yang memiliki foto, video, atau bentuk virtual lainnya.

Meski begitu, unggahan tersebut tetap tersedia untuk umum di Twitter bahkan setelah dilelang. Yang membedakan, pembeli akan menerima sertifikat, ditandatangani secara digital dan diverifikasi oleh Dorsey, serta metadata dari twit asli.

Metadata tersebut akan mencakup informasi seperti waktu twit itu diunggah dan konten teksnya.

Dilansir dari CNBC, kepemilikan NFT dicatat di blockchain, semacam “buku besar” digital yang mirip dengan jaringan yang mendukung bitcoin dan mata uang kripto lainnya.

Namun, nggak seperti kebanyakan mata uang, seseorang nggak dapat menukar satu NFT dengan yang lain seperti yang dapat dilakukan terhadap dolar atau aset lainnya.

Setiap NFT unik dan berlaku sebagai item koleksi yang nggak dapat diduplikasi sehingga menjadikannya langka.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest