Follow Us

Sebut Netizen +62 Paling Jongkok Kesopanannya, Pengamat Medsos Komentari Kevalidan Survei Microsoft

Al Sobry - Selasa, 02 Maret 2021 | 09:35
Sebut Netizen +62 Paling Tidak Sopan, Pengamat Medsos Komentari Kevalidan Data Survei Microsoft
Arizona state university (ASU)

Sebut Netizen +62 Paling Tidak Sopan, Pengamat Medsos Komentari Kevalidan Data Survei Microsoft

Secara maya, netizen Indonesia nggak terima alias protes dengan hasil survei yang menyebut warganet +62 paling tidak sopan.

Menurut pengamat media sosial Enda Nasution, justru ini adalah peringatan dari Microsoft supaya netizen kita lebih bijak dalam berkomentar.

Baca Juga: Dibilang Ter-Nggak Sopan, Netizen Indonesia Serbu IG Microsoft: Mau Followers Lo Turun dari 3M jadi 1,4 M Kayak Dayana Ya?

Dikutip dari pernyataan Enda Nasution di Tribunnews, Senin (1/3/2021) kemarin. Dia menyebut, wajar bila Microsoft memberi peringatan karena netizen Indonesia kerap menunjukkan sikap seenaknya di dunia maya.

"Wajar bila Microsoft merilis hasil survei itu. Tak bisa dipungkiri tanpa kita hadir langsung, baik tidak menggunakan nama akun asli, membuat banyak orang jadi sok berani dan berbuat seenaknya. Tapi di sisi lain kita butuh itu untuk memperlihatkan netizen Indonesia itu aktif dan antusias kalau dibahas seperti ini," ujar pengamat media sosial Enda Nasution, Senin kemarin.

Enda lebih mengambil sikap positif atas hasil riset Microsoft itu.

Dia menilai dirilisnya survei Digital Civility Index (DCI) dari Microsoft untuk mengukur tingkat kesopanan digital pengguna internet dunia saat berkomunikasi di dunia maya merupakan suatu bentuk rapor atas perilaku netizen.

"Artinya ini ada sebuah ukuran yang jelas, jadi kita tahu kita posisinya ada di mana. Setelah ada survei Microsoft, akan jelas arah kita mau ke mana dan apa yang dilakukan setelah melihat hasil survei ini. Saya harap mudah-mudahan ke depan ada pergerakan yang positif untuk memperbaiki perilaku dari para netizen," terang Enda.

Bukan cuma soal faktor komentar netizen +62 yang semaunya di dunia maya, lebih jauh Enda berpendapat, bola metodologi survei Microsoft ini merupakan ukuran yang bagus karena turut memasukkan faktor seperti hoax, penipuan, dan ujaran kebencian dalam penelitiannya.

"Sebenarnya ini bagus lho indeks ukurannya. Karena survei Microsoft bersama digital civility index ini mereka coba up lagi soal kesopanan itu apa, lalu ada hoaks, berita bohong termasuk di dalamnya. Kemudian soal diskriminasi, ras itu juga jadi salah satu poin. Jadi masuk akal sekali kalo dilihat indeks yang diukur dalam surveinya," papar Enda.

Enda menyarankan daripada merasa tidak terima dan berdebat kusir soal hasil penelitian ini dapat merepresentasikan watak netizen atau tidak, akan lebih baik menanggapinya sebagai sarana untuk bercermin dan memperbaiki diri.

"Ini masalahnya, netizen merasa survei itu tidak merepresentasikan sikap kita di dunia maya. Padahal dari sisi validitasnya sangat mengena sekali, tapi kita malah terjebak dalam perdebatan bahwa kita tak seperti yang diuraikan Microsoft, justru semakin kita geram maka survei itu semakin menunjukkan validitasnya," urainya.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest