Follow Us

Minat Kuliah di Jawa Timur? Cek 20 Kampus Terbaik Versi Webometrics

Ferry Budi Saputra - Selasa, 02 Maret 2021 | 09:30
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
its.ac.id

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

HAI-Online.com - Buat kalian yang ingin kuliah di Jawa Timur, mending cek dulu nih 20 kampus terbaik di Jawa Timur.

Webometrics Ranking of World Universities telah merilis hasil pemeringkatan perguruan tinggi yang dinilai berdasarkan website masing-masing universitas di dunia.

Baca Juga: Ikut SBMPTN 2021? Materi Ini Paling Sering Keluar di Soal UTBK Saintek

Pemeringkatan yang dilakukan sejak tahun 2004 ini bertujuan untuk mempromosikan open access terhadap pengetahuan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi.

Dilansir dari situs resmi webometrics, terdapat sejumlah indikator dan metodologi untuk mendapatkan pemeringkatan tersebut. Di antaranya sebagai berikut:

1. Visibilitas, yaitu jumlah jaringan eksternal (subnet) yang terhubung ke halaman web institusi (dinormalisasi dan kemudian nilai maksimum dipilih). 2. Aspek impact dinilai dari banyaknya backlink dari situs luar. 3. Sementara, openness diukur dari jumlah file berbagai jenis (.pdf, .doc, .ps, .eps, .docx, .ppt, atau .pptx), yang dapat diakses dan terhubung dengan domain situs universitas. 4. Adapun excellence dinilai dari jumlah artikel publikasi ilmiiah karya civitas akademika universitas tersebut.

Dari ratusan kampus yang ada di Indonesia ada 20 kampus terbaik Jawa Timur versi Webometrics yang bisa dijadikan pertimbangan bagi kalian calon mahasiswa.

Baca Juga: Minat Kuliah di ITB? Simak Rincian Besaran UKT-nya Biar Nggak Kaget

Langsung aja cek daftar 20 kampus terbaik Jawa Timur versi Webometrics:

1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) 2. Universitas Brawijaya 3. Universitas Airlangga 4. Universitas Jember 5. Universitas Negeri Malang 6. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya 7. Universitas Narotama UNNAR Surabaya 8. Universitas Negeri Surabaya 9. Petra Christian University 10. Universitas Muhammadiyah Malang 11. Universitas Surabaya 12. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya 13. Universitas Muhammadiyah Ponorogo 14. Universitas Dr. Soetomo 15. Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang 16. Universitas PGRI Madiun 17. Poltekkes Kemenkes Malang 18. Politeknik Negeri Malang 19. Institut Teknologi Telkom Surabaya 20. Universitas Ciputra

Baca Juga: Bingung Pilih Kampus? Nih 15 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "20 Peringkat Kampus Terbaik Jawa Timur Versi Webometrics"

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest