Follow Us

Ikut SBMPTN 2021? Materi Ini Paling Sering Keluar di Soal UTBK Saintek

Ferry Budi Saputra - Sabtu, 27 Februari 2021 | 16:25
SBMPTN
SBMPTN

SBMPTN

Hai-Online.com - Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan tiba sebentar lagi pada 15 Maret hingga 1 April 2021.

Kalian wajib tahu nih materi apa saja yang paling sering keluar di soal UTBK Saintek.

Baca Juga: Pengen Kuliah Gratis? Cobain Daftar di Universitas Pertahanan Nih Sob

Sementara, pelaksanaan UTBK akan dilakukan sebanyak dua gelombang. Gelombang 1 pada 12-18 April 2021 dan gelombang 2 pada 26 April-2 Mei 2021.

Melansir Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), materi UTBK 2021 terbagi menjadi Tes Potensi Skolastik (PTS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).

TPS mengukur kemampuan kognitif yang diangga penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya perguruan tinggi.

Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.

Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar. Pada TPS, sebagian soal akan disajikan dalam bahasa Inggris.

Sementara itu, TKA akan mengukur Pengetahuan dan Pemahaman Keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi.

TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah.

Melansir Kompas.com, informasi dari laman Instagram Quipper Indonesia, hasil riset tim Quipper Video ada 5 materi yang paling sering muncul di UTBK untuk Saintek.

Baca Juga: Nggak Cuma Jadi Apoteker Lho! Ini 5 Prospek Kerja Prodi Farmasi

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest