Follow Us

4 Tips Bermedia Sosial biar Nggak Jadi Netizen Nggak Punya Ahlak

Hanif Pandu Setiawan - Minggu, 28 Februari 2021 | 18:15
Asal Usul dan Arti Kata Gelay yang Sering Muncul di Media Sosial
Pixabay

Asal Usul dan Arti Kata Gelay yang Sering Muncul di Media Sosial

HAI-Online.com - Baru-baru ini Indonesia dinobatkan sebagai netizen dengan tingkat kesopanan paling rendah oleh sebuah riset perusahaan Microsoft di laporan tahunan "Civility, Safety, and Interactions Online 2020".

Hal itu salah satunya diakibatkan oleh kurang bijaknya netizen dalam menggunakan media sosial.

Media sosial yang awalnya jadi sarana untuk menjalin konektivitas dan memberikan dampak positif, bisa jadi sarana penyebaran berita bohong, pertengkaran dan membawa dampak negatif ketika nggak kita gunakan secara bijak.

Nah buat menghindari hal-hal tersebut, HAI bakal bagiin 4 tips agar kalian bisa lebih bijak bermedia sosial dan nggak jadi netizen yang akhlak-less, sebagaimana dilansir dari CewekBanget.ID.

Baca Juga: Meski Internet Lambat, Warga Indonesia Juara Belanja Online, Ini Buktinya!

1. Lebih hati-hati karena sesuatu yang kita bagikan bakal jadi konsumsi publik

Sebagai pengguna media sosial, penting buat kita berhati-hati dan menyadari betul bahwa apa yang kita bagikan, secara otomatis bakal jadi konsumsi publik.

Sadar dan paham dengan hal ini membuat kita akan lebih berhati-hati membagikan sesuatu yang bisa dilihat banyak orang.

2. Pastikan informasi yang kita terima

Kemudahan akses media sosial memungkinkan siapa saja untuk berbagi informasi. Kondisi ini membuat kita harus pandai-pandai menyaring informasi yang ada. Kita harus bijak memberikan informasi kepada publik.

Pastikan informasi atau berita yang kita berikan itu benar dan bermanfaat untuk umum. Dan tentunya hindari penyebaran berita hoax, ya! Penting untuk memilah apa yang akan kita bagikan. Saring sebelum sharing!

Baca Juga: Dibilang Ter-Nggak Sopan, Netizen Indonesia Serbu IG Microsoft: Mau Followers Lo Turun dari 3M jadi 1,4 M Kayak Dayana Ya?

Source : cewekbanget.grid.id

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest