Follow Us

Meski Internet Lambat, Warga Indonesia Juara Belanja Online, Ini Buktinya!

Al Sobry - Minggu, 28 Februari 2021 | 08:49
Ilustrasi browsing di internet
Getty

Ilustrasi browsing di internet

HAI-Online.com - Setelah Microsoft sempat merilis bahwa netizen Indonesia dinobatkan sebagai ter-nggak sopan se-Asia, giliran perusahaan marketing We Are Social nih, merilis laporan terbaru tentang pengguna internet global, termasuk Indonesia untuk awal tahun 2021.

Dikutip dsri KompasTV, dalam laporan berjudul “Digital 2021”, ternyata 87 persen responden di Indonesia mengatakan bahwa mereka membeli sesuatu secara online dalam sebulan terakhir.

Posisi Indonesia diikuti oleh Inggris (85,5 persen), Thailand (83,6 persen), Malaysia (82,9 persen), dan Jerman (81,6 persen).

Baca Juga: Netizen Indonesia Ter-Nggak Sopan Se-Asia Tenggara, Ini Penobatan dari Microsoft

"Pengguna internet di Indonesia adalah yang paling mungkin melakukan pembelian e-commerce, dengan lebih dari 87 persen responden negara tersebut dalam survei GWI mengatakan bahwa mereka membeli sesuatu secara online dalam sebulan terakhir," tulis laporan tersebut.

Padahal kondisi untuk kualitas internet di Indonesia berada di urutan 44 dari 46 negara yang disurvei.

Hasis pengetesan Ookla, kualitas internet Indonesia hanya 17,26 Mbps, kalah dari Nigeria dengan 18,40 Mbps atau Malaysia dengan 25,60 Mbps.

Terkait dengan e-commerce, laporan itu mengatakan bahwa pendapatan rata-rata e-commerce di Indonesia hanya US$219 juta atau Rp3,08 triliun (kurs Rp14.090) pada tahun 2020.

Nah, jumlah itu terbilang tidak sebanding dengan tingkat minat pengguna internet di Indonesia untuk berbelanja online yang berada di urutan pertama.

Baca Juga: Kecepatan Teknologi 5G Diprediksi Banyak Dipakai untuk Konsumsi Video Streaming

Intinya, munpung internet cepat, sikat flash sale-nya. Pas lagi lambat, burun ketik hujatan. Toh internet bentar lagi ngilang. Wah apa seperti itu?(*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest