Follow Us

Pemeran Paman Boboho, Ng Man Tat Meninggal Dunia Usia 70 Tahun

Ferry Budi Saputra - Minggu, 28 Februari 2021 | 08:12
Ng Man Tat, Pemeran Paman Boboho Meninggal
Twitter

Ng Man Tat, Pemeran Paman Boboho Meninggal

HAI-Online.com - Pernah nonton film Boboho atau Shaolin Soccer? Dikabarkan aktor veteran Hong Kong Ng Man Tat atau Wu Mengda yang populer dengan karakternya sebagai Paman Boboho dan pelatih Stephen Chow di Shaolin Soccer ini meninggal dunia pada Sabtu (27/2/2021) pukul 17.16 waktu setempat.

Baca Juga: Moge Penerobos Ring 1 Ternyata Sah Dilumpuhkan Paspampres, Ini Dasar Hukumnya!

Ng Man Tat meninggal pada usia 70 tahun setelah menderita kanker hati. Kabar meninggalnya pemeran Paman Boboho dan sahabat Stephen Cow itu diunggah twitter BBC China. "Bintang film Hong Kong Wu Mengda meninggal karena kanker hati pada hari Sabtu di usia 70 tahun," tulis BBC. "Dia sebelumnya dirawat di rumah sakit bulan ini untuk kemoterapi, tetapi kondisinya memburuk," ungkap BBC.

Kabar kematiannya ini menjadi duka bagi banyak kalangan bukan hanya dunia perfilman. Ng Man Tat yang berperan sebagai Paman Boboho ini merupakan salah satu sosok yang paling membekas diingatan masyarakat Indonesia di era 90-an atau 2000-an melalui filmnya. Bahkan, dunia pun turut berduka, hal ini ditandai dengan nama Ng Man Tat yang menjadi trending topik di Twitter.

Ng Man Tat atau Wu Mengda lahir di Xiamen, Fujian pada tahun 1951. Ia kemudian pindah ke Hong Kong pada usia tujuh tahun dan menghasilkan lebih dari 200 film dan serial TV selama hidupnya, termasuk "The Saint of Gamblers" dan " Shaolin Soccer".

Dia juga dikenal sebagai "Aktor Pendukung Emas" pada dunia perfilman Tiongkok. Ia sempat memenangkan Penghargaan Film Hong Kong untuk Aktor Pendukung Terbaik untuk perannya dalam A Moment of Romance di tahun 1991. Selain itu, diketahui pelatih dalam film Shaolin Soccer ini memulai karirnya sejak usia 22 tahun, pada 1973.

Karir Ng Man Tat berawal dari mengikuti kelas akting di perusahaan penyiaran Hong Kong, TVB saat berumur 19 tahun, yakni 1969. Saat itu, Ng Man Tat harus pergi ke kelas pemeran pendukung, namun di sisi lain takut orangtuanya melarangnya. Dalam kelas itu, Ng Man Tat seangkatan dengan aktor laga, Chow Yun-fat.

Baca Juga: Pengakuan Paspampres Soal Pengendara Moge Ditendang Petugas Saat Terobos Ring 1

Ng Man Tat dikenal akrab dengan Stephen Chow. Beberapa proyek film mereka, Ng kerap berakting sebagai paman Stephen Chow.

Ia pernah terlibat dalam film All for the Winner bersama Stephen Chow yang dirilis pada tahun 1990. Film All for the Winner berhasil menembus box office dengan membukukan pendapatan sekitar HK$ 41,33 juta.

Dalam film ini Ng Man Tat beradu akting dengan Stephen Chow, Sandra Ng, dan Paul Chun. Menurut informasi, dirinya lulus dari trainee dengan nilai tertinggi, bersama dengan aktor veteran Chow Yun-fat , dan pertama kali memulai debutnya ketika dia berusia 22 tahun.

Ng Man-tat sangat populer karena ikut membintangi sejumlah film komedi yang sangat berkesan, ia terbukti sebagai aktor serba bisa dan berhasil memerankan berbagai peran. Pada tahun 2001, Ng dan Chow berkolaborasi untuk terakhir kalinya di Shaolin Soccer, salah satu film yang menjadikan Ng Man Tat dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Karya-karya dari Ng Man Tat pastinya sangat dikenang oleh sebagian masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, ketika kecil banyak orang-orang yang menonton filmya. Apalagi perannya sebagai Paman Boboho amat sangat membekas diingatan. Aktingnya sangat mewarnai hari-hari masa kecil sebagian masyarakat Indonesia. Selamat jalan Paman... Karyamu akan selalu dikenang.

Baca Juga: Netizen Indonesia Ter-Nggak Sopan Se-Asia Tenggara, Ini Penobatan dari Microsoft

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest