Follow Us

Foto Pemandangan Jakarta Berlatar Gunung Pangrango Disebut Hasil Photoshop, Ini Klarifikasi Fotografer

None - Kamis, 18 Februari 2021 | 13:23
Foto Gunung Gede Pangrango yang viral di media sosial.
wibisono.ari/Instagram

Foto Gunung Gede Pangrango yang viral di media sosial.

HAI-Online.com - Viral di media sosial foto pemandangan kota Jakarta dengan latar Gunung Gede Pangrango yang terlihat jelas. Netizen banyak memperbincangkan dan menyebut foto itu palsu dan hanya tempelan.

Baca Juga: Klarifikasi, Fotografer Gunung Gede Pangrango Bantah Fotonya Tempelan

Diketahui foto tersebut diambil oleh seseorang bernama Ari Wibisono dan telah diunggah ke akun Instagramnya @wibisono.ari pada Rabu (17/2/2021).

Captionnya tertulis, "Pemandangan Gunung Gede Pangrango di Kemayoran Jakarta Pusat pagi ini, menandakan kualitas udara sedang bersih Jakartans."

Lantas, foto tersebut menjadi viral dan banyak dibagikan netizen di media sosial terutama Twitter. Nggak sedikit yang meragukan keaslian dari foto tersebut.

Bahkan, ada juga netizen yang mengaku belum pernah melihat penampakan Gunung Gede Pangrango yang tampak sangat besar dan jelas dari kota Jakarta. Banyak pendapat pro dan kontra terkait hasil foto dari Ari Wibisono tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Ari secara langsung menyampaikan klarifikasi lewat postingan Instagram-nya pada Rabu (17/2/2021) malam. Ia menegaskan bahwa foto Gunung Gede Pangrango yang ia ambil merupakan foto asli.

Baca Juga: Raja Film Porno Larry Flynt Meninggal Dunia, Pemakamannya Bakal Heboh

Dalam unggahannya di Instagram ia menuliskan, "Saya dan berkolaborasi dengan Mas Rifky Widianto @rfkyw dengan memaparkan file asli jepretan saya. Hasil kerja keras dan mengabarkan kepada warga Jakarta tentang kondisi #JakartaLangitBiru".

Pada postingannya tersebut, ada bukti video ketika ia menunjukkan koleksi hasil jepretan fotonya di Google Drive sembari foto tersebut di-edit sedemikian rupa hingga seperti foto yang viral saat ini.

Sebelumnya ia juga memberikan klarifikasi pada Insta Story-nya, “Saya memfoto gunung ini hanya memakai (lensa) zoom 260mm,” tulisnya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest